SHARE
Ilustrasi (Foto ist)

 

Ilustrasi (Foto ist)
Ilustrasi (Foto ist)

Ketapang  (Buser Kriminal)-Kapolres Ketapang AKBP Sunario melalui Kasat Reskrim AKP Rully Robinson Poli  berkomitmen memberantas illegal logging  di wilayah Kabupaten Ketapang.

Ia menjelaskan, selama dua bulan ini  pihaknya sudah mengungkap empat kasus  dan menahan empat tersangka  dan barang bukti berupa kurang lebih 1200 batang kayu berbagai jenis  di antaranya kayu ulin jungkang kayu cin  dan kayu sungkai. “Semua kayu itu tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah,” tuturnya.

Adapun kayu ulin itu berasal dari Kecamatan Sandai  dan kayu sungkai, kayu cin dibawanya dari Kecamatan Nanga Tayap pedalaman Ketapang.

Para tersangka ditangkap sedang melakukan bongkar muat di tepian Sungai Pawan Ketapang. Tersangka yang diamankan  bernama Bintang, Neno, dan Tengkol. Adapun tersangka yang lain ditangkap di Kecamatan Benua Kayong  beserta 360 batang kayu ulin.

“Sejak saya masuk  pada bulan Februari lalu  sudah ada juga kasus illegal logging  yang kita tangani, ” jelas Rulli kepada wartawan.

“Kayu yang diamankan rata-rata tidak berdokumen. Adapun dokumen yang dibawa setelah dicek ke lokasi tunggul  di Kecamatan Sandai ternyata tidak sesuai. Bahkan kepala desanya pun tidak merasa mengeluarkan  surat apapun,” sambungnya. (Abdul Maed. DH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here