Perumnas Bangun 1.000 Rumah di Bulungan

No Comment 9 Views

Bupati Bulungan, Drs H Budiman Arifin (Foto: dok)Tanjung Selor, (Buser Kriminal) Pemkab Bulungan bekerja sama dengan Perum Perumnas akan membangun 1.000 rumah untuk tahap awal bagi PNS di Bulungan. Kerja sama ini ditandai  penandatanganan kesepatakan (MoU) antara Bupati Bulungan, Drs H Budiman Arifin, MSi dengan GM Perum Perumnas Regional V, Ir Gede Ary, MM di Bulungan, Rabu (10/8/2011).

Untuk tahap awal akan ada 1.000 rumah yang dibangun bagi PNS yang belum memiliki rumah sendiri, kata bupati. Perum Perumnas sendiri dipilih sebagai mitra kerja sama karena telah memiliki pengalaman membangun perumahan murah, memiliki kekuatan financial, serta terpercaya karena sama-sama lembaga pemerintah.

“Saya sejak dulu inginnya perumahan ini dibangun oleh tenaga profesional. Jadi kalau awalnya bagus, ujungnya diharapkan juga bagus,” ucap Budiman Arifin, yang berharap setelah MoU, sudah ada tindak lanjut berupa perjanjian kerja sama yang ditargetkan setelah Idul Fitri atau bulan September 2011.

Acacara penandatanganan MoU dihadiri SKPD terkait seperti DPU dan Bapedalda, yang nantinya menjadi tim teknis pemantau dan pengawasan pembangunan rumah.”Kalau MoU kan tidak ada dampak hukumnya, maka itu perlu ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama yang lebih mengikat,” tandasnya.

Bupati berharap, selain segera terealisasi, rencana pembangunan rumah bagi PNS itu segera disosialisasikan karena masih cukup banyak PNS di Bulungan yang belum memiliki rumah sendiri. Kisaran harga rumah yang akan dibangun di Bulungan mulai Rp 70 juta ke atas dengan tipe minimal 36. Lahan yang sudah disediakan untuk 1000 unit itu seluas 30 hektar.

GM Perum Perumnas Regional V, Gede Ary menambahkan, secara nasional masih ada 13,5 juta PNS, TNI/POLRI yang belum memiliki rumah sendiri. Dari jumlah itu, rata-rata masih menumpang di rumah orangtua, mertua, kos dan kontrak.

“Kami sangat senang dengan adanya kerja sama dengan Pemkab Bulungan. Pembangunan perumahan ini merupakan bagian dari komitmen Perumnas untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, khususnya PNS, TNI/POLRI dalam hal penyediaan perumahan,” paparnya.

Tidak salah Pemkab Bulungan memilih bekerja sama dengan Perum Perumnas karena sama-sama lembaga pemerintah, dan berada di bawah Kementerian Perumahan Rakyat. Perum Perumnas sebelumnya juga telah memiliki pengalaman membangun perumahan bagi PNS di Tarakan yang pengerjaannya telah rampung. *SARNO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (required)