Home Berita Terbaru Kapolda Sumut Hadiri Peringatan HANI

Kapolda Sumut Hadiri Peringatan HANI

4
0
SHARE

Medan, Dalam rangka memperingatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Provinsi Sumatera Utara Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw menghadiri kegiatan Peringatan Anti Narkotika International (HANI) tahun 2017 di Lapangan Merdeka Medan Kamis, (20/7/2017).

Kegiatan ini juga turut di hadiri oleh Gubernur Sumatera Utara Ir. Tengku Erry Nuradi M.Si, Pangkosek, Danlantamal, KA BNNP, Kabinda, Danlanud Suwondo, Pangdam diwakili Staf Ahli ekonomi, Para Pejabat Utama Polda Sumut, Ketua Pengadilan tinggi di wakili hakim tinggi, Kajatisu di wakili aspidum, Wakil Walikota Medan, dan Para Penggiat Anti Narkoba.

Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional 2017 mengusung Tema ” Peran Aktif Dan Pendayagunaan Seluruh Komponen dan Potensi Bangsa Dalam Menghadapi Keadaan Darurat Narkoba Menuju Indonesia Yang Sehat ”

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun solidaritas dan sinergitas dalam rangka mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika yang menjadi ancaman kehidupan bangsa, bernegara dan bermasyarakat, serta menggelorakan semangat membara dalam sebuah kebersamaan seluruh bangsa sebagai upaya melawan kejahatan Narkotika.

Dalam sambutan Ketua BNNP Sumut Drs. Andi Loedianto mengungkapkan BNN bertugas melaksanakan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) untuk lebih agresif dalam menangani permasalahan narkotika di Indonesia.

Langkah – langkah yang di lakukan antara lain melalui strategi demand reduction, yaitu dengan tindakan preventif guna memberikan kekebalan kepada masyarakat agar mereka imun terhadap penyalahgunaan narkotika, dan stategi supply reduction melalui penegakan hukum yang tegas dan terukur agar sindikat narkotika jera oleh sebab itu di butuhkan kerja sama antar instansi pemerintahan dan juga masyarakat.

Polda Sumatera Utara juga turut mengambil peran dalam pemberantasan Narkotika diantaranya menyusun rencana aksi yang di wujudkan dalam Sibolangit Joint Communique yang isinya tentang pertukaran informasi antar Polda ( Polda Sumut, Jambi, Sumbar, Aceh, Riau dan Kepri ) serta Patroli laut bersama di kawasan pesisir pantai timur Sumatera dalam rangka pengungkapan kasus Narkotika.

Selanjutnya Polda Sumatera Utara mengeluarkan program bersih – bersih asrama Polisi di Sumut dalam bentuk Deklarasi Asrama Polri Bebas Narkoba dengan Selogan “Bersih Kedalam Hajar Keluar”

Dalam kegiatan ini Kapolda Sumatera Utara menerima piagam penghargaan dari Gubernur Sumatera Utara sebagai P4GN yang berperan aktif dalam pemberantasan Narkotika.

Kapolda turut mengujungi stand pameran kegiatan hari anti narkotika di seputaran lapangan merdeka.0 SM*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here