Home Laporan Utama Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada Kota Tanjungpinang 2012

Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada Kota Tanjungpinang 2012

2
0
SHARE


Tanjungpinang, (Buser Kriminal)
Wali kota Tanjungpinang Dra. Hj. Suryatati A. Manan menjadi inspektur upacara pada apel gelar pasukan operasi “Mantap Praja 2012” yang diadakan di lapangan Pamedan A. Yani, pertengahan Oktober 2012. Apel digelar dalam rangka pengamanan Pemilukada Kota Tanjungpinang tahun 2012. Hadir pula dalam apel Kapolres Kota Tanjungpinang AKBP Suhendri beserta unsur FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan daerah) dan pejabat terkait.

Gelar pasukan yang diselenggarakan ini bertujuan untuk mengetahui dan menunjukkan kesiapan Polri, khususnya Polres Tanjungpinang beserta unsur terkait lainnya dalam mengamankan rangkaian kegiatan pemilihan kepala daerah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang periode 2013-2018.

Suryatati menekankan beberapa hal untuk dilaksanakan, yaitu tugas pengamanan dengan menjunjung tinggi nilai profesionalitas dan proporsionalitas serta netralitas, jalin sinergitas dengan instansi terkait, melakukan penegakan hukum secara tegas namun tetap menjunjung tinggi HAM, serta hindari tindakan arogan yang dapat menurunkan citra Polri di mata masyarakat.

Potensi aksi kerusuhan dan gangguan keamanan yang terjadi di beberapa wilayah di tanah air pada saat pelaksanaan Pemilukada tentunya menjadi gambaran ancaman yang perlu diantisipasi sejak awal.

Untuk menghadapi dinamika yang seperti itu, kerja sama aparat keamanan dan seluruh komponen masyarakat sangatlah diperlukan dalam merumuskan langkah-langlah yang akan diambil guna mengatasi berbagai potensi kerawanan yang terjadi. “Saya dan masyarakat tentunya mengharapkan pelaksanaan Pemilukada ini dapat berjalan aman, tertib dan lancar,” pesan Tatik.

Usai apel, digelar pula simulasi peragaan pengamanan pilkada mulai dari pengamanan para calon wali kota, pengamanan pada saat kampanye, pengamanan pada saat pencoblosan, hingga hasil akhir penghitungan suara. *RHOMAIS I JUMALI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here