SHARE
Pemerintah Kabupaten Bolmong Utarasangat peduli melalui penyelenggaraan perumahan dan kawasan pemukiman (Foto: dok)

Bolmut, (Buser Kriminal)
Pemerintah Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) sangat peduli melalui penyelenggaraan perumahan dan kawasan pemukiman agar masyarakat mampu bertempat tinggal serta menghuni rumah yang layak dan terjangkau dalam perumahan yang sehat, aman, harmonis dan berkelanjutan.

Tindak lanjut studi banding Pemkab Bolmong Utara ke Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo telah dituangkan dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 73/2011 tentang Program Pembangunan Rumah Layak Huni Untuk Masyarakat Miskin Bolmut dengan maksud dan tujuan, pertama pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat yang masih berada di bawah garis kemiskinan. Dan kedua sebagai bentuk kepedulian aparatur pemerintahan guna menciptakan Bolmut yang sesuai dengan amanah UUD 1945 untuk kemaslahatan dan kesejahteraan bersama.

Permasalahan perumahan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara hasil survey perumahan 2012 dari total  jumlah rumah sejumlah 15.873 unit terdiri dari konstruksi nonpermanen (bukan beton) berjumlah 7.360 unit rumah, berlantai tanah sekitar 10,26%, rumah yang belum dialiri listrik 8,13 %. 4. Rumah belum dialiri listrik, belum memiliki fasilitas air bersih 4,20%, dan belum memiliki fasilitas MCK 35,27%.

Backlog (Kekurangan Unit Rumah) dari selisih jumlah keluarga dengan ketersediaan rumah di tahun 2012 tidak sebanding jumlah Kepala Keluarga (KK) 18.350, sedangkan unit rumah tersedia adalah 15.873. Berarti kebutuhan unit rumah baru tahun 2012 adalah 2.477 unit dan akan terus meningkat sesuai dengan bertambahnya jumlah rumah tangga baru dan arus migrasi penduduk. *GANDHI GOMA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here