Home Berita Terbaru Metallica Guncang GBK

Metallica Guncang GBK

5
0
SHARE
Metallica_Jakarta
Metallica mengibarkan bendera merah putih dari fans asal solo (Foto: dok)

Jakarta, (Buserkriminal)
Setelah menunggu 20 tahun, akhirnya  60.000 penggemar Metallica di Indonesia kembali dihibur band cadas asal Amerika Serikat dengan menggelar konser di Stadion Gelora Bung Karno (25/8/2013) Minggu malam .

Metallica Live in Jakarta 2013 adalah bagian dari tur terbaru di Asia. Sebelumnya konser Metallica di tahun 1993 sempat terjadi rusuh. Saat itu Metallica sedang meluncurkan album keempat mereka berjudul “And Justice For All”.

Band Metal yang pernah memenangkan 9 Grammy Awards dan salah satu pendiri dari Metal Big Four diantaranya Megadeth, Slayer dan Anthrax, terbentuk pada tahun 1981 di Los Angeles. Formasi terakhir  Metallica terdiri dari James Hetfiled (vokalis gitaris), Lars Ulrich (drum), Kirk Hammett (gitar) dan Robert Trujillo (bass).

Pada saat konser digelar lampu stadion redup tepat pukul  20.30 WIB, sementara layar raksasa di sisi kiri dan kanan muncul.  Setelah mendengar alunan “Ecstasy” Metallica muncul di panggung, dengan membawakan lagu ” Hit The Lights” yang membuat seluruh penonton yang hadir ikut bernyanyi bersama .

Suasana gemuruh meningkat ketika Metallica membawakan lagu “Master of Puppets” dari album ketiga, diiringi nyanyian penonton dengan teriakan, “master!” berulang-ulang.

Para penonton di bagian tribun juga tidak mau ketinggalan, mereka melakukan “headbanger” seirama dengan lantunan musik yang dibawakan band metal yang tidak lagi muda.

Menurut Metallica, fans di Indonesia merupakan penonton dengan koor terkeras, terutama di lagu Enter Sandman. Hal ini memberi kesan khusus bagi para personil Metallica. Jelas saja, suara yang dibuat penonton ketika ikut bernyanyi bersama membuat suara Hetfield sedikit sulit untuk didengar dari tempat wartawan meliput, terutama di bagian belakang .

Persiapan Konser

Panitia penyelenggara konser Metallica sangat tahu benar bahwa tidak boleh membuat rumput di stadion rusak karena terinjak penonton. Namun hal itu sudah diantisipasi, untuk pertama kalinya sebuah konser di Indonesia menggunakan penutup rumput. Tentu saja ini merupakan cara pencegahan jitu agar rumput GBK dapat ‘terselamatkan.’

Kedatangan Metallica ke Jakarta disinyalir juga karena adanya campur tangan seorang pejabat yang juga pengangum music cadas, yaitu Jokowi. Hal ini diakui oleh pihak promotor Taye Mashur, di balik segala cerita sukses konser ini promotor tak ingin melupakan jasa Gubernur Jakarta. Taye pun angkat topi untuk orang nomor 1 DKI itu.

Dari sisi kebutuhan tiap personilnya, Band legendaris ini ternyata tak meminta macam-macam demi memberikan penampilan yang terbaik. Seperti yang diakui promotor, permintaan Metallica sangat mudah dipenuhi.

Seperti dikutip kapanlagi.com, promotor pun mengaku terkejut. “Enggak macam-macam, set nya yang penting bersih. Mereka cuma minta hotel untuk bisa mandi, ada handuk terus bisa balik lagi. Enggak harus bintang lima dan minta sedekat mungkin dengan venue,” jelas Krisna Raditya mewakili Blackrock.

Persiapan panitia untuk equipment dan alat pendukung konser membuat banyak penonton bertanya-tanya, bagaimana bisa Metallica menghasilkan sound segahar itu? “Untuk sound sistem, mereka minta satu brand sound dan kita ambil dari lokal,” jawab Krishna.

Lalu bagaimana dengan lighting yang memanjakan mata kemarin? Menurut Krishna, promotor telah menyiapkan kapasitas listrik hingga 200 ribu watt. Metallica sendiri dikabarkan membawa peralatan panggung seberat 58 ton.  “Untuk tur mereka membawa tiga set alat musik dengan menggunakan 10 kontainer. Kira-kira beratnya mencapai 58 ton,” kata Krishna.

Metallica memang tampak puas dengan konsernya, acara malam itu dipastikan berjalan sangat mulus dan lancar sesuai harapan semua orang. Hal ini dapat tersirat di akhir konser, para personel membentangkan sebuah bendera Merah Putih di atas panggung.

Dan yang paling menarik adalah di akhir penampilannya, Metallica sempat berjanji akan kembali lagi ke Indonesia. Sebuah bentuk penghormatan Metallica untuk fansnya di Indonesia. *FB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here