Home Berita Terbaru Sorong Pelabuhan Pantai Terbaik

Sorong Pelabuhan Pantai Terbaik

3
0
SHARE
Farian Sulaiman
Kepala Perikanan Sorong Farian Sulaiman (Foto: Dok)

Sorong, (Buser Kriminal)
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan penghargaan Adi Bhakti Mina Bahari kepada pelabuhan perikanan Sorong sebagai pelabuhan teladan se-Indonesia.

Penilaian yang dilakukan oleh KKP dengan kategori pelabuhan samudra terbaik adalah Pelabuhan Perikanan Kendari, kategori pelabuhan perikanan nusantara terbaik adalah Pelabuhan Perikanan Ternate, sedangkan untuk kategori pelabuhan pantai terbaik adalah Pelabuhan Perikanan Sorong, kata Kepala Perikanan Sorong, Farian Sulaiman.

“Saya secara pribadi yang baru menjabat atau dilantik menjadi kepala Perikanan Sorong tentu bangga atas penghargaan yang diberikan oleh KKP di Ball Room KKP di Jakarta, karena pelabuhan perikanan Sorong dinilai sebagai pelabuhan pantai terbaik di Provinsi Papua dan Papua Barat. Kami yang berada di UPT daerah telah bersaing dengan pelabuhan perikanan dengan UPT pusat yang berada di seluruh Indonesia sehingga mendapat penghargaan yang disebut Adi Bhakti Mina Bahari,” urai Farian.

Menurutnya, penilaian yang dilakukan KKP dengan melihat keberadaan pelabuhan perikanan Sorong yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya adanya peningkatan dan pemberian pelayanan prima bagi para nelayan.

“Tujuan pemberian penghargaan ini adalah untuk meningkatkan motivasi prakarsa dan peranserta aktif, juga kepedulian para pemangku kepentingan dan pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan memperhatikan kelestarian sumber daya kelautan dan perikanan,” jelasnya.

Upaya yang sudah dilakukan dalam meningkatkan usaha perikanan adalah ijin perpanjangan SIPI untuk kapal 30 dan 60 Gross Ton (GT). Dulu masyarakat mengurus ijin di Jakarta, kini dapat mengurusnya di Sorong. Tidak kalah penting, masyarakat yang ingin mengekspor ikan ke LN sudah dapat mengurus ijin atau memperoleh Sertifikat Hasil Tangkapan Ikan (SHTI) di pelabuhan Perikanan Sorong.

“Awalnya, masyarakat Papua urus SHTI di Bitung, Sulut yang notabene  membuang ongkos cukup besar, kini Pemprov Papua Barat sudah mendatangani MoU dengan negara Uni Eropa untuk melakukan transaksi perdaggangan usaha perikanan.

Untuk itu, Kepala Dinas Keluatan dan Perikanan Provinsi Papua Barat, Simon Atururi menitip pesan yang bersifat imbauan kepada masyarakat yang berada di Papua Barat yang berprofesi nelayan agar mengurus kartu nelayan di kantor perikanan. Ini agar dalam mengelola hasil laut dapat dilayani dengan baik oleh pemerintah daerah,  kutip Farian. *PIETER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here