Home Berita Terbaru Kanwil Kemenkumham Bali ’Bersih-Bersih Narkoba’ Pegawai Terlibat Narkorba Dipecat

Kanwil Kemenkumham Bali ’Bersih-Bersih Narkoba’ Pegawai Terlibat Narkorba Dipecat

5
0
SHARE
I Gusti Kompiang Adnyana
Kakanwil Kumham Bali I Gusti Kompiang Adnyana sedang menjalani ’tes narkoba’. (Foto: Sigit)

Denpasar, (Buser Kriminal)
Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Bali melakukan tes narkoba mulai dari Divisi Imigrasi, Pemasyarakatan, dan seluruh pegawai jajaran Kanwil Kemenkumham Bali.

Tes narkoba dimulai kepala kantor wilayah, kepala divisi hingga jajaran eselon III kemudian dilanjutkan para staf dan ditargetkan pada  April 2014 seluruh pegawai sudah melakukan tes narkoba.

Menurut Kakanwil Kemenkumham Bali, Drs. I Gusti Kompiang Adnyana, tes narkoba dilakukan karena pegawai di jajaran Kanwil Kemenkumham Bali sangat rentan terkena narkoba. Mereka sering berinteraksi dengan turis asing atau di LP dengan pengguna narkoba, sehingga tes narkoba ini akan rutin dilakukan.

“Petugas atau penegak hukum bisa menegakkan hukum dengan baik bila dirinya tidak terlibat narkoba dan tidak melanggar hukum itu sendiri,” tegas Kompiang di Denpasar, Senin (27/01/2014).

Tes narkoba bisa dilakukan lewat urine atau rambut. Bila urine terdeteksi penggunaan narkoba 3 bulan sebelumnya sedangkan rambut terdeteksi 6 bulan sebelumnya. Sehingga lebih baik memilih tes melalui rambut, selain itu karena memotong rambut lebih mudah dilakukan. Alat yang dipergunakan untuk tes narkoba dalam bentuk sebuah mobil besar yang peralatannya canggih. Alat tersebut bernilai Rp 3,6 miliar.

Bila nanti ada pegawai yang kena atau terbukti positif memakai narkoba, maka akan dikenakan sanksi yang tegas. Bahkan bisa dipecat.

Selain itu untuk mendapatkan pegawai yang profesional, cerdas, cakap, dan terampil jajaran Kanwil Hukum dan HAM Bali dalam penerimaan CPNS dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test), karena online hasil langsung diterima, setelah hasil keluar sistem langsung down, sehingga tidak ada permainan nilai/angka ujian.

Kanwil bekerja sama dengan BAKN untuk proses tes tulis tersebut, sedangkan untuk tes fisik bekerjasama dengan KODAM Udayana. *IGN YOGI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here