Home Ekonomi DJP dan POLRI Jalin Pengamanan Perpajakan

DJP dan POLRI Jalin Pengamanan Perpajakan

4
0
SHARE
(Foto ist)
(Foto ist)
Ilustrasi (Foto ist)

Jakarta ( Buser Kriminal )-Agustus tiga pekan lalu, bertempat di Gedung Utama Direktorat Jenderal Pajak telah berlangsung koordinasi pengamanan penerimaan pajak Tahun 2014 antara Direktorat Jenderal Pajak dengan Kepolisian Republik Indonesia yang dihadiri oleh Kepala Bareskrim, beberapa Kapolda serta seluruh Direktur Reserse Kriminal Umum dan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda se-Indonesia.

Menurut Humas DJP, Maksud dari koordinasi ini adalah untuk meningkatkan sinergi kerjasama antara Direktorat Jenderal Pajak–Kementerian Keuangan dengan Kepolisian Republik Indonesia secara lebih komprehensif sebagai salah satu langkah dan strategi dalam pengamanan Penerimaan Pajak Tahun 2014.

DJP telah mengagendakan target penerimaan pajak tahun 2014 sebesar Rp1.072,38 Triliun. Untuk mencapai target tersebut memerlukan strategi, antara lain melalui Penegakan Hukum bagi Penghindar Pajak. Untuk memberikan rasa keadilan bagi Wajib Pajak yang sudah patuh, maka Wajib Pajak yang melakukan pelanggaran kewajiban perpajakan harus dilakukan penegakan hukum dengan cara pemeriksaan, penyidikan dan penagihan. Hal tersebut menjadi salah satu tugas pokok dan fungsi Ditjen Pajak.

Dalam mengemban tugas dan fungsi tersebut, tentunya Direktorat Jenderal Pajak akan sulit berjalan sendiri karena keterbatasan kapasitas dan kewenangan.

“ Dalam penegakan hukum di bidang perpajakan peran dan dukungan Kepolisian RI sangat penting. Melalui koordinasi ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi DJP dan Kepolisian RI dalam pengamanan pelaksanaan tugas di bidang perpajakan, “ tegasnya.

Menurutnya, koordinasi ini merupakan sarana untuk menyegarkan kembali apa yang telah tertuang dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara Direktorat Jenderal Pajak – Kementerian Keuangan dengan Kepolisan RI. Melalui koordinasi pengamanan penerimaan pajak tahun 2014 ini diharapkan target penerimaan pajak 2014 dan selanjutnya dapat tercapai.  (Bud/Zun )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here