Home Laporan Utama Panglima TNI Gowes Bersama Rakyat Pecahkan Rekor MURI

Panglima TNI Gowes Bersama Rakyat Pecahkan Rekor MURI

3
0
SHARE
(Foto: Puspen TNI)
(Foto: Puspen TNI)
(Foto: Puspen TNI)

Jakarta (Buser Kriminal)-Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko didampingi Kasad, Kasal, Kasau dan Kapolri melaksanakan Gowes bersama TNI, Polri dan Rakyat serta melepas peserta sepeda Gowes dengan ditandai mengangkat bendera sebagai titik start di Parkir Timur Gelora Bung Karno Senayan pukul 06.00 WIB dan Finish di Jakarta Internasional Expo Kemayoran Jakarta Pusat, dengan jarak tempuh kurang lebih 25 Km, Minggu (28/9/2014). Kegiatan Fun Bike ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, khusus di Jakarta tercatat 109.828 peserta.

Panglima TNI dalam sambutannya mengatakan, olahraga bersepeda memiliki arti sangat penting dalam upaya melestarikan lingkungan. Di tengah semakin menipisnya cadangan energi di dunia maka bersepeda bisa menjadi alternatif sebagai upaya menghemat konsumsi bahan bakar minyak (BBM). “Kita juga perlu sosialisasikan kepada prajurit TNI di asrama diharapkan tidak lagi naik motor, tapi naik sepeda,” ujar Jenderal TNI Dr. Moeldoko.

Menurut Panglima TNI, kegiatan Gowes bersama sangat positif untuk prajurit TNI. Pasalnya, selain mengurangi polusi, hal itu juga berdampak pada peningkatan kesehatan prajurit. “Saya yakin dan percaya bahwa di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat,” kata Jenderal TNI Dr. Moeldoko.

Di acara itu, Jenderal TNI Dr. Moeldoko juga melantik tiga kepala staf untuk menjadi Ketua Dewan Kehormatan ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia), yaitu Kasad Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio, dan Kasau Marsekal TNI IB Putu Dunia secara resmi menjadi keluarga besar ISSI.

Selanjutnya Panglima TNI menyapa melalui teleconfrence dengan sejumlah perwakilan Kodam di Indonesia, antara lain : Kodam I/Bukit Barisan, Kodam IX/Udayana, Kodam VII/Wirabuana, Kodam IV/Diponegoro, Kodam III/Siliwangi dan  Kodam V/Brawijaya.

Kemudian Panglima TNI dan para Kepala Staf Angkatan  serta Kabareskim mengundi nomor peserta khusus hadiah 5 buah mobil. Hadiah tersebut didapatkan oleh dua orang peserta TNI dan tiga orang peserta masyarakat.

Sementara itu, pendiri MURI Jaya Suprana mengatakan keberhasilan TNI dalam Fun Bike ini meraih rekor MURI adalah tanda positif bisa dekat dengan rakyat karena sebagian besar peserta Gowes merupakan masyarakat sipil. Dalam catatan MURI terdapat 1.901.928 yang ikut Gowes dalam perayaan HUT TNI ke 69 tahun 2014.

“Ada makna lebih bukan hanya kesehatan, tapi kedekatan TNI dengan rakyat, dan ini karya TNI maka saya bilang TNRI (Tentara Nasional Rakyat Indonesia). Itu memang karya yang bagus dan indah sekali”  kata Jaya Suprana.

Kegiatan Fun Bike dalam rangka meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta menyambut Peringatan ke-69 Hari TNI tahun 2014. Panitia Fun Bike (TNI) bekerja sama dengan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) dan Komite Sepeda Indonesia (KSI) bertajuk “Gowes Bersama TNI Rakyat Sehat” yang melibatkan ribuan personel TNI dan Polri, masyarakat serta komunitas sepeda di Indonesia. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here