Home Megapolitan Tangkap Dalang Pemukulan Terhadap Wartawan

Tangkap Dalang Pemukulan Terhadap Wartawan

5
0
SHARE

10996227_1634058273489773_4402646609468556643_oBekasi, (Buser Kriminal)

Kasus kekerasan terhadap wartawan kembali terjadi di Kota Bekasi, Jawa Barat. Kali ini tindakan kekerasan tersebut menimpa wartawan harian Radar Bekasi, Randy Yasetiawan (27) dianiaya oleh tiga orang tak dikenal yang diduga suruhan dari politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bekasi. Peristiwa pengeroyokan itu terjadi di dalam Rumah Makan Bumbu Araunah, Jalan Serma Marzuki, Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, sekitar pukul 17:00, Kamis (19/02).

Sekadar diketahui, Randy Yasetiawan pada saat itu diduga dijebak kader Ketua DPD PAN Faturahman dan ketua DPC PAN Bekasi Utara Irdiansyah terkait masalah pemberitaan Munas PAN. Pada saat kejadian, korban dipukuli, ditendang dan juga mendapat ancaman dari 2 orang yang tak dikenal diduga oknum bayaran yang diindikasikan untuk mencuci tangan setelah aksi pemukulaan rendy tersebut. Akibat peristiwa itu, Randy mengalami luka lebam di bagian wajah dan pinggang sebelah kiri dan langsung melapor ke Polres Kota Bekasi.

Seluruh wartawan yang mendengar kejadian yang menimpa Randy pada saat itu langsung mengadakan aksi protes dan mengecam atas penggeroyokan yang dialami korban. Aksi damai yang dilakukan seluruh wartawan Bekasi ini sempat menjadi sorotan Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI) dan Forum Wartawan Pemantau Peradilan (FORWARA) Kota Bekasi.

Ratusan wartawan yang mendatangi gedung DPRD Fraksi PAN tidak dapat menemui satupun anggota dewan. Kemudian konvoi motor wartawan dilanjutkan menuju DPC PAN yang berada di Pasar Segar Bekasi Selatan. Akan tetapi, di kantor DPC tersebut tidak ada satupun kader ataupun anggota didalamnya. Dengan menggelar aksi teatrikal dan tabur bunga diatas ID CARD PERS milik semua wartawan yang ikut berunjuk rasa. Berarti, matinya kebebasan wartawan terhadap mempublikasikannya berita-berita kepada masyarakat dengan menteror dan membayar orang untuk menghabisi wartawan agar berita itu dapat disembunyikan.

Tidak hanya di DPC PAN, ratusan wartawan mendatangi Polres Kota Bekasi untuk menuntut segera ditangkapnya tersangka pemukulan terhadap Randy. Kapolres Bekasi Kota Kombes Pol Rudi Setiawan langsung menjumpai awak media di ruangan. Dikatakannya, laporan yang sudah dibuat korban Randy sudah kami terima dan akan segera kita tangkap tersangkanya. Tidak hanya itu saja, seluruh wartawan juga meminta agar menangkap dalang yang membayar oknum penganiayaan terhadap Randy. Karena dalam kejadian penganiayaan tersebut diduga dalangnya memberikan kode untuk melakukan aksinya agar korban dipukuli.

Sementara itu, Ketua Forwara Bekasi Agus Budiono menentang keras aksi penganiayaan terhadap wartawan Randy. “Saya sangat menyanyangkan sikap orang yang berpendidikan dapat melakukan hal tersebut, seharusnya di musyawarahkan,” tegasnya.

Ditambahkannya, saya akan mengawal kasus ini sampai semua dalang dan oknum penganiayaan segera di tangkap. “Sekarang korbannya Randy, bisa saja besok wartawan-wartawan Bekasi lain mendapatkan hal yang sama dipukuli dari hal pemberitaan yang dimuat dan tersangka bebas begitu saja. Wartawan memiliki Undang-Undang Pers dan sah bagi untuk wartawan melalukan pemberitaan dengan data dan narasumber yang jelas,” ungkap Agus Budiono. O PUTRA TOBING

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here