Home Berita Terbaru Kapolda Sumut Irjen Raden Budi Janji ‘Libas’ Preman dan Narkoba

Kapolda Sumut Irjen Raden Budi Janji ‘Libas’ Preman dan Narkoba

25
0
SHARE

Kapolda Sumut BaruMedan(Buser Kriminal)-Kapolda Sumut yang baru resmi dijabat Irjen Raden Budi Winarso  Senin (14/03/2016) menggantikan posisi kapolda sebelumnya, Irjen Pol Ngadino. yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumut. Budi Winarso menduduki posisi sebagai Kadiv Propam Mabes Polri.

Melalui wanjakti, dia dipercaya dan ditunjuk menggantikan posisi Ngadino yang kini menjadi Pati Polri di Polda Jawa Tengah dalam rangka pensiun. Ada kesamaan antara Ngadino dengan Budi Winarso, ?kedua jenderal bintang dua ini sama-sama berkumis.

Lalu apa perbedakan keduanya dalam memimpin Polda Sumut?

Menjawab hal itu, Budi Winarso mengaku tidak ada persiapan khusus menjadi Kapolda Sumut. Yang pasti, utamanya masalah narkobalah yang  jadi perhatian.

“Pekerjaan pejabat sebelumnya akan saya lanjutkan. Yang sudah baik akan saya lanjutkan. Saya akan petakan daerah-daerah rawan narkoba, pokoknya masalah narkoba di Sumut jadi perhatian saya” tegas Budi Winarso.

Setelah resmi dilantik, Budi mengatakan akan menjalankan arahan Kapolri mengenai para Kapolda yang harus mengawal pembangunan di daerah, Budi Winarso menyanggupinya. Serta masalah premanisme yang sempat disinggung kapolri saat serah terima jabatan di Rupatama Mabes Polri menurut Budi Winarso itu turut jadi fokus perhatian.

“?Kemarin Pak Kapolri pesan soal premanisme di Sumut dan Polri harus mengawal kebijakan pemerintah dalam pembangunan, itu akan jadi perhatian,” katanya.

Warning ‘Polisi Nakal’

Dengan latar belakang sebelumnya sebagai Kadiv Propam Mabes Polri, Kapolda Sumut yang baru, Irjen Budi Winarso menegaskan pihaknya akan melakukan pembenahan internal di tubuh institusinya. Sehingga ia pun mewarning para polisi nakal yang bertugas di wilayah hukum Polda Sumut agar berhati-hati tidak melakukan pelanggaran apabila tidak ingin diproses hukum etik, profesi maupun pidana.

“Saya kan mantan Kadiv Propam Polri tentunya saya akan lakukan pembinaan, pembenahan ke internal lebih dulu. Pokoknya hati-hati para “oknum polisi nakal” akan saya proses kalau benar terbukti,” tegasnya.

Menengok ke belakang, diceritakan Budi Winarso kala dirinya menjabat sebagai Kadiv Propam Mabes Polri ada 116 polisi nakal yang ditangkap dan diproses hukum.

“Saat saya di Propam Bareskrim, saya terus bersih-bersih internal hasilnya ada sekitar 116 “polisi nakal” yang saya tindak. Tindakan tidak terpuji itu sudah bukan jalannya lagi,” ujar Budi Winarso.

Diketahui mutasi Kapolda Sumut sesuai Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST 476/II/2016 yang diterbitkan tanggal 28/2/2016, Referensi Keputusan Kapolri Nomor Kep : 223/II/2016 Tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Adapun yang dimutasi adalah sejumlah PATI dan Perwira Menengah (Pamen).

Berdasar Surat Telegram Kapolri itu, Irjen Pol Raden Budi Winarso yang lahir tahun 1959 dan Alumni Akademi Polisi 1982 ini didaulat menjadi  Kapolda Sumut ?selanjutnya. Raden Budi Winarso tak akan lama, dia hanya akan menjabat selama lebih kurang 10 bulan saja. Dan itu merupakan tugas terakhir Irjen Budi Winarso di menjelang pensiun.

Irjen Pol Raden Budi Winarso yang berlatar unit sabhara sebelumnya menjabat Kepala Divisi Prodesi dan Pengamanan Mabes Polri, jabatan yang ditinggalkan Raden Budi Winarsoselanjutnya dipercayakan kepada Irjen Pol Mochamad Iriawan yang selama ini menjabat Kadivkum Mabes Polri.

Jabatan Kadivkum Mabes Polri dipercayakan kepada Irjen Pol Drs Setyo Wasisto, yang selama ini Pati SSDM Polri (penugasan pada Lemhanas Polri).

Diketahui Raden Budi Winarso pernah menjabat Kapolda Kepulauan Riau sejak 1 Oktober 2010 hingga 24 Februari 2012 menggantikan Brigjen Pol Pudji Hartanto Iskandar. dan Budi Winarso juga pernah menjabat Wakapolda Lampung, Jawa Barat sejak 10 Mei sampai 1 Oktober 2010, Kapolda Kepri pada tahun 2010. (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here