SHARE

Dandim 1714, Pancasila Bukan Hanya Dihafal, Tapi Juga DiamalkanPuncak Jaya  (Buser Kriminal)-Bangsa Indonesia kerap mendapat cobaan dan gangguan. TNI sebagai penjaga kedaulatan bangsa dan negara, memiliki kewajiban untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Jiwa dan nilai-nilai kebangsaan ini yang ditanamkan  Dandim 1714/PJ Letkol Inf Hindratno Devidanto S.E saat memberikan materi pelajaran tentang pengetahuan Pancasila dalam rangka menanamkan Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara bertempat di SDN Inpres Mulia, Jalan Papua, Distrik Mulia, Kabupaten  Puncak Jaya, Papua.

Dalam kegiatan yang diikuti 120 siswa itu, Dandim menjelaskan bahwa Pancasila lahir pada 1 Juni 1945 oleh Presiden Soekarno.  Pancasila sebagai Ideologi dan dasar negara dalam perjalanannya telah mengalami berbagai cobaan dan rintangan, namun Pancasila tetap kokoh hingga saat ini.  “Karena Pancasila sangat cocok dengan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia,” katanya.

Kepada siswa, Hindratno  berharap  Pancasila bukan hanya untuk dihapal, tapi harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, agar Pancasila tetap lestari demi keutuhan NKRI.  (Rajab Lau)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here