SHARE

Meriahkan Hari Ikan Nasional, DPP Pringsewu Gelar Acara Gemar IkanPringsewu (Buser Kriminal)-Memeriahkan Hari Ikan Nasional dan Hari Nusantara, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Pringsewu menyelenggarakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Pekon Keputran, Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu, Kamis (13/10/2016).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Pringsewu Hi Sujadi, Kabid Pengolahan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Liza Derni, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan M. Yusuf, Ketua TPPKK sekaligus Ketua FORIKAN Kab. Pringsewu Hj. Nurrohmah Sujadi, Asisten Bidang Adm Umum Alwi Siregar, Para Camat Se-Kabupaten Pringsewu, Forkopimda, dan Kepala SKPD Kabupaten Pringsewu.

Pada acara tersebut juga diserahkan piala kepada juara 1 Lomba Kelompok Ternak Kambing Tingkat Provinsi, Paket Bantuan Sarana dan Prasarana Perikanan senilai Rp 55 juta, paket bantuan budidaya Minapadi (5 Hektar) senilai Rp175 juta, Sertifikat Hak Milik Kolam Ikan 50 bidang,Bantuan Hibah Ternak Kambing Pejantan, dan Bantuan Hibah Ternak Sapi Bali Pejantan.

Acara itu juga diisi dengan lomba menyanyi lagu gemar ikan yang diikuti ibu-ibu PKK dari sembilan kecamatan. Selain itu juga digelar lomba masakan dengan menu dan bahan serba ikan.

Bupati Pringsewu Sujadi memberikan bantuan ke sejumlah kelompok tani ikan dan kelompok tani ternak sebagai wujud keperdulian pemerintah Pemberian bantuan percontohan mina padi sebesar Rp175 juta/ 5 ha, budidaya ikan Rp55 juta, bantuan ternak kambing di Waringinsari Timur, bantuan ternak sapi di Waringinsari Timur, lomba ternak kambing tingkat provinsi Lampung juara I dan lomba memancing.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Pringsewu M. Yusuf menjelaskan, pertumbuhan budidaya ikan di Pringsewu terus menggembirakan terbukti produksi ikan tawar setiap tahunnya terus meningkat.

“Tahun ini saja jumlah produksi ikan mencapai 70.300 ton bahkan budidaya ikan sudah mulai meramba pada produksi ikan olahan seperti abon lele dan ikan asap. Tujuan di laksanakan kegiatan gemar makan ikan adalah untuk memasyarakatkan gemar makan ikan agar ikan menjadi menu pokok setiap hari,” katanya.

Diutarakannya, masyarakat Pringsewu sampai saat ini baru bisa makan ikan sebanyak 26,32 kg per tahun per kapita Sementara Jepang sudah melebihi 100 kg/per kapita. (Pon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here