SHARE

Walikota Jaktim, TMKK Bukti Nyata Kerjasama TNI Pemkot Ringankan Beban Masyarakat MiskinJakarta (Buser Kriminal)-Walikota Administrasi Jakarta Timur Bambang Musyawardana menutup kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) wilayah Koramil 04/Pulogadung, Kodim 0505/Jakarta Timur (JT), yang dilaksanakan di kantor Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur (Jaktim), Selasa (18/10/2016).

Dalam rilis Pendam Jaya, kegiatan penutupan TMKK ini dihadiri Komandan Kodim (Dandim) 0505/JT Letkol Inf Iwan Setiawan, Kapolres Jaktim, Komandan Koramil (Danramil) 04/Pulogadung Kapten Inf Sukarmo, para Danramil jajaran Kodim 0505/JT, Camat Pulogadung, para Lurah se-kecamatan Pulogadung dan Organisasi Masyarakat (Ormas) serta ratusan  masyarakat Kecamatan Pulogadung yang mendapatkan pelayanan kesehatan/KB (Keluarga Berencana).

Walikota Jaktim menyatakan,  kegiatan TMKK sebagai bukti nyata kerja sama Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam hal ini Kodim 0505/JT dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Jaktim , pihak swasta dan Ormas, untuk meringankan beban masyarakat masyarakat miskin.

Dia menjelaskan, dari hasil sensus penduduk tahun 2010, penduduk Jakarta Timur (Jaktim) sebanyak 2.693.000 jiwa dan empat tahun kemudian menjadi 2.850.000.  Dari data tersebut, pemerintah berpikir keras untuk menekan laju pertumbuhan penduduk, dengan membuat terobosan baru, yang dinamakan dengan kampung KB, yang secara nasional telah diresmikan oleh Presiden Jokowi di Kota Cirebon pada Januari 2016 lalu.

Sedangkanm Kampung KB di Jaktim, kata Bambang, sudah terbentuk di tujuh lokasi/kelurahan, yaitu antara lain Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kelurahan Utan Kayu Utara, dan Kelurahan Bambu Apus.

“Dalam waktu dekat akan terus bertambah Kampung KB di wilayah Jaktim, sebagai percontohan peningkatan peserta KB, meningkatkan peserta KB aktif, dan  menurunkan pasangan usia subur, kegiatan KB lainnya,” tukasnya.

Dia pun mengajak seluruh instansi pemerintah dan ormas untuk mensukseskan program KB, dengan tujuan meningkatkan kualitas kesehatan dan menciptakan manusia unggul di Jakarta.  “Saya mengucapkan terima kasih kepada kodim 0505/JT, kesdam Jaya dan instansi terkait lainnya yang telah mensukseskan program  ini,” ujarnya.

Sementara, Dandim 0505/JT Letkol Inf Iwan Setiawan mengemukakan, tujuan kegiatan TMKK ini untuk terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan pelayanan peserta KB aktif, orientasi singkat kependudukan, program KB lainnya, sehingga kualitas kesehatan masyarakat Jaktim, khususnya wilayah Pulogadung semakin meningkat. (Wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here