SHARE

Pemda Pringsewu Ucapkan Selamat atas Digelarnya Festival Wayang KulitPringsewu (Buser Kriminal)Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu menyambut baik sekaligus mengucapkan selamat atas terselenggaranya Festival Wayang Kulit tingkat Kabupaten Pringsewu tahun 2016.

Pj Bupati  Pringsewu Yuda Setiawan menjelaskan, melalui festival wayang kulit ini selain sebagai upaya pelestarian budaya daerah, diharapkan akan lebih meningkatkan kepedulian masyarakat Pringsewu terhadap kesenian tradisional, khususnya kesenian wayang Kulit.  Wayang kulit juga sebagai salah satu warisan budaya leluhur dan khazanah kekayaan bangsa yang sangat tinggi nilainya.

Kesenian Wayang Kulit mengandung nilai-nilai kehidupan yang luhur, di mana dalam sebuah “lakon”selalu mengandung filsafat dan

mengajarkan budi pekerti luhur serta ajakan melakukan kebajikan,inilah sesungguhnya inti dari kesenian wayang.

Di Kabupaten Pringsewu terdapat cukup banyak kelompok kesenian wayang kulit, dan tersebar di 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Pringsewu. Hal ini menandakan bahwa Pringsewu kaya akan budaya daerah.

Hal sudang barang tentu menjadi tugas dan kewajiban pemerintah untuk melestarikan budaya agung tersebut, di mana Pemda Kabupaten Pringsewu pun akan melaksanakan tugas mulia ini, dengan terus mendorong serta mendukung upaya-upaya pelestarian budaya bangsa.

Ke depan, upaya-upaya yang lebih intens dan masif akan terus digalakkan sebagai bagian dari program pembangunan kebudayaan nasional, sehingga tidak hanya kesenian wayang kulit saja, namun semua seni budaya yang ada di Kabupaten Pringsewu ini dapat hidup, tumbuh, dan berkembang bersama-sama di tengah-tengah masyarakat Pringsewu yang sangat plural dan multi-kultural, yang terdiri dari banyak ragam suku, agama, dan budaya.

Dia juga mengapresiasi Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Pariwisata dan Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Pringsewu yang telah sukses menggelar festival wayang kulit ini.

“Saya berharap kegiatan seperti ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja, namun dapat terus berkesinambungan, dan bahkan bisa lebih ditingkatkan di masa-masa,mendatang,” ujar Yuda.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Pringsewu, Heri Iswahyudi meminta agar dilakukan pembinaan secara rutin kepada seluruh kelompok kesenian wayang kulit yang ada, serta kesenian lainnya.

”Kebahagiaan kita tampaknya juga bertambah, karena kita menggelar tasyakuran dalam rangka merayakan hari ulang tahun Pekon Wates Timur. Semoga di usianya yang ke-4 ini Pekon Wates Timur semakin maju dan berkembang, serta mampu mengejar ketertinggalannya dari pekon induk dan pekon-pekon lainnya yang sudah terlebih dahulu maju,” tukasnya. (Pon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here