Kapolres Baru agar Amankan Jakarta

Sertijab Kapolres (Foto: SUHARA)

Jakarta (Buser Kriminal) Enam kapolres di wilayah Polda Metro Jaya yang dimutasi, resmi menandatangai serah terima jabatan (sertijab) di Balai Pertemuan Metro Jaya (BPMJ), Jakarta, Jumat (5/8/2011). Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Untung S Radjab memimpin langsung acara sertijab yang dimulai pukul 17.00 WIB. Dalam sambutannya, dia meminta para kapolres yang baru meningkatkan komitmen moral untuk melayani masyarakat.

“Seiring dinamika masyarakat yang terus bergulir, organisasi kepolisian dituntut untuk dinamis. Maka kepolisan harus meningkatkan komitmen-komitmen moral untuk terus melayani masyarakat, melindungi, serta menjaga ketertiban dan keamanan,” ujar Untung.

Perpindahan jabatan keenam kapolres itu tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (STR) Kapolri bernomor STR/1525-1526/VI/2011 tanggal 29 Juli 2011.

Pejabat-pejabat yang dimutasi di antaranya Kapolres Jakpus Kombes Hamidin digantikan oleh Kombes Angesta Romano Yoyol. Kapolres Jakarta Barat Kombes Yazid Fanani digantikan oleh Kombes Setija Junianta yang sebelumnya menjabat Kapolres Bekasi Kabupaten.

Sementara itu, Kapolres Bekasi Kabupaten diisi oleh Kombes Wahyu Hadiningrat. Kapolres Depok Kombes Fery Abraham dimutasi menjadi Kabag Paminal Provos Divpropam Polri. Posisi Ferry digantikan Kombes Mulyadi Kaharni.

Kapolres Jakarta Selatan kini diduduki oleh Kombes Imam Sugianto yang sebelumnya menjabat Kapolres Bekasi Kota. Sementara posisi lama Imam diisi oleh Kombes Priyo Widyanto.

Selain kapolres, posisi Dirkrimum dan Dirkrimsus Polda Metro Jaya juga mengalami mutasi. Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Yan Fitri Halimansyah dimutasi menjadi Kabagrenma Robinops Bareskrim Polri. Posisinya digantikan oleh Kombes Sufyan Syarif.

Kombes Herry Rudolf Nahak yang sebelumnya menjabat Dirkrimum Polda Metro Jaya dimutasi ke STIK. Posisinya digantikan oleh Kombes Gatot Edy Pramono yang sebelumnya menjabat Kapolres Jakarta Selatan.

Sementara gelar sertijab antara Kapolres Metro Kota Bekasi yang lama Kombes Imam Sugianto kepada penggantinya Kombes Priyo Widyanto di Aula Polres Metro Kota Bekasi,Senin (8/8/2011)

Plt Walikota Bekasi Rahmat Effendi menyatakan terima kasihnya kepada Kombes Imam Sugianto dalam mengabdikan dirinya di Kota Bekasi. “Di bawah pimpinan Pak Imam sebagai Kapolres, Kota Bekasi dapat melalui berbagai peristiwa yang cukup menegangkan dengan aman dan tenteram.”

Acara ditutup dengan siraman rohani yang disampaikan oleh KH. Ridwan Cholili yang menyoroti tentang berbuat baiklah sebelum meninggal dunia. “Orang hidup pasti mati, apa pun pangkat dan jabatannya semua pasti akan menemui mati, tinggal waktunya saja yang mungkin berbeda-beda,” terang Kyai Ridwan.

Kombes Imam Sugianto akan bertugas menjadi Kapolres Metro Jakarta Selatan. Sedang Kombes Priyo Widyanto sebelumnya menjabat Kabag Pamwalro Provos Divpropam Polri.  *RUDY PB PERNONG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>