Home Opini Pilkada Serentak, Rakyat Wajib Berdaulat

Pilkada Serentak, Rakyat Wajib Berdaulat

3
0
SHARE

Oleh: Umar Sumarna

uMARBANGSA indonesia mendambakan negara demokrasi dan secara legal formal  indonesia sudah memenuhi syarat untuk disebut negara demokrasi ,sebab meskipun belum optimal terealisasi  tetapi ketiga azas sudah dimiliki , yaitu Negara mengakui kedaulatan tertinggi ditangan rakyat ,  melindungi hak-hak azasi manusia , dan memberi peluang  pada rakyat ikut berpartisifasi dalam pemerintahan .

Hemat penulis Salah satu cara yang efektif  untuk mendapatkan kepercayaan konstituen dalam PILKADA serentak tanggal 15 Pebruari 2017 , ialah salah satunya membangun atau memperjuangkan sektor ekonomi kerakyatan sehingga masyarakat  merasa akan ada semacam perubahan ke arah yang lebih baik.

Program Pro rakyat

Program program seharusnya dilakukan melalui pendekatan yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat. Missal ; dengan program bantuan pendidikan untuk siswa hingga 12 tahun  ,baik negeri ataupun swasta; jaminan kesehatan bagi warga, terutama yang miskin atau  upaya pencitraan kota agar Masyarakat  melihat secara langsung hasil kerjanya, sehingga masyarakat menilai bahwa yang dipilihnya layak untuk memimpin.

PILKADA serentak Rakyat Wajib Berdaulat , jika Calon kepala daerah yang sekadar mengandalkan kekuatan moneter, tanpa memberikan pencerahan terhadap pemilik kedaulatan , sudah pasti setelah terpilih nanti,  mereka tidak akan menunjukkan kinerja yang baik, bahkan tidak jarang mengutamakan kepentingan pribadi atau golongan.

kepala daerah harus benar-benar memahami persoalan yang dihadapi masyarakat, terutama menyangkut kebutuhan dasar, seperti pendidikan dan kesehatan, ekonomi, sosial, serta infrastruktur yang kasatmata tidak boleh lepas dari perhatian.

Pemimpin mesti memahami menejerial

Untuk dapat menyelesaikan masalah ini, artinya pemimpin harus didukung kemampuan manajerial yang memungkinkan seseorang berpikir tertata, mulai dari menjabarkan visi menjadi perencanaan hingga bagaimana mencapainya atau apa yang harus dilakukan , bagaimana melakukannya dan out putnya seperti apa,  ini mesti terkuasai dan memiliki pengalaman dibidangnya. Namun, yang paling penting, pemimpin harus memiliki karakter integritas dan jujur sehingga dipercaya dan diteladani bawahannya.

Siapakah Abdi Negara

Untuk mengingatkan kembali bahwa jiwa Abdi Negara adalah jiwa yang mengemban amanah untuk memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat dan di era reformasi  Abdi Negara sebagai bagian utama dari jalannya roda pemerintahan dituntut meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta tetap memelihara netralitas sebagai aparatur pemerintahan.

Pesan lain yang disampaikan secara khusus menyikapi pemilihan kepala daerah  secara serentak di Kota Cimahi pada 15 Pebruari 2017, yaitu diharapkan  segenap anggota Abdi Negara untuk bertindak profesional dan proporsional.

Anggota Abdi Negara juga diminta untuk memegang teguh komitmen netralitas, menghindari semua bentuk politik praktis dan mengamalkan doktrin Abdi Negara berupa Bhineka Karya Abdi Negara, pastikan bahwa Abdi Negara walaupun melaksanakan tugas di berbagai bidang dengan karya yang beragam, tetap satu dalam mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara, dan Dalam kontek pemilihan kepala daerah Kota Cimahi , biarkanlah Masyarakat yang berdaulat sebagai  pemilik penuh atas hak suara, adapun salah satu tugas untuk tim pemenangan  ialah membangun  pengetahuan public tentang rekam jejak  ( track record) , integritas ,kopetensi, kapabilitas, pengaruh dan aspek subtansial lainya dari setiap calon ,dan inilah yang  akan menjadi kunci pilihan politik yang berkualitas ,asal  jangan pernah gadaikan suara  dan nurani  anda demi apapun. sebab  Kegagalan sistim politik dalam menciptakan kebijakan ekonomi berkeadilan dan mensejahterakan Masyarakat adalah  disebabkan oleh dua masalah , yaitu  : Asymetric Information  dan Moral Hazard. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here