Home Berita Terbaru Cegah Aksi Jembret, Polresta Pekanbaru Terapkan Beberapa Langkah

Cegah Aksi Jembret, Polresta Pekanbaru Terapkan Beberapa Langkah

0
SHARE
(foto) AKBP Edy Sumardi Priadinata. SIK.

PEKANBARU ( Buser Kriminal) –  Teori Hukum NKK merupakan teori hukum terbaru mengenai kejahatan.  Dalam teori tersebut menyebutkan sebab terjadinya kejahatan adalah karena adanya niat dan kesempatan yang dipadukan. Jadi meskipun ada niat tetapi tidak ada kesempatan, mustahil akan terjadi kejahatan, begitu pula sebaliknya, meskipun ada kesempatan tetapi tidak ada niat maka tidak mungkin pula akan terjadi kejahatan.

Jika kita kaitkan antara teori hukum tersebut dengan banyaknya aksi kejahatan khususnya jambret di kota Pekanbaru saat ini, memang memiliki keterkaitan. Dimana pelaku mudah melakukan aksinya (penJambretan) karena lengahnya kewaspadaan korban.

Menanggapi hal tersebut,  Polresta Pekanbaru secara terus menerus melakukan beberapa langkah pencegahan,  mulai dari pre emtif, preventif sampai dengan represif/ penegakan hukum.

Adapun langkah preemtif adalah dengan memberikan himbauan Kamtibmas kepada masyarakat kota Pekanbaru mulai dari pemasangan spanduk, banner dan sticker di tempat yang mudah dilihat. Selain itu juga dengan cara menjumpai masyarakat secara langsung guna memberikan himbauan dan pesan pesan kamtibmas agar dalam berkendara jangan meletakkan barang berharga ditempat yang mudah dijangkau orang lain, tidak menggunakan handphone saat berkendara dan tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan.

Langkah selanjutnya adalah dengan cara preventif yaitu dengan melakukan patroli secara rutin didaerah yang dianggap rawan kejahatan (jambret dan kejahatan lainnya) pada waktu tertentu. Selain itu dengan selalu menjalankan program POLSEHAT (polisi selalu hadir di tengah-tengah masyarakat), PDH (Patroli Dini Hari) dan PSM (Patroli Subuh Mesjid).

Selain langkah langkah tersebut, Polresta Pekanbaru juga melakukan langkah-langkah Represif / penegakan hukum yaitu dengan melakukan penangkapan terhadap para pelaku jambret yang masih beraksi di kota Pekanbaru.

Dengan di Terapkannya beberapa langkah ini, diharapkan kejadian jambret dikota Pekanbaru dapat berkurang dan situasi Kamtibmas dapat selalu terjaga. Terang Wakapolresta Pekanbaru AKBP Edy Sumardi Priadinata,  S.I.K. 0 (RED)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here