Beranda Berita Terbaru Delegasi Perempuan IMF-WB Annual Meeting 2018 Di Kawal Polwan Polda Bali

Delegasi Perempuan IMF-WB Annual Meeting 2018 Di Kawal Polwan Polda Bali

BERBAGI

DENPASAR,buserkriminal.com – Direktorat Lalu Lintas Polda Bali mengedepankan Polisi Wanita (Polwan) untuk mengawal tamu VIP, khususnya delegasi perempuan yang menghadiri IMF-WB Annual Meeting di Bali pada pertengahan Oktober 2018. Sedangkan untuk tamu VVIP seperti kepala negara, pengamanan dan pengawalanannya tetap dilakukan oleh Paspampres.

Saat ini para Polwan tersebut sedang digembleng kemampuannya di lapangan parkir sebuah supermarket di Denpasar. Mereka secara khusus dilatih oleh pengawal Kapolda Bali, Aipda Bagiarta. Saat latihan, mereka melakukan simulasi kasus-kasus dalam pengawalan kendaraan dan bagaimana pemecahan masalahnya.

Contohnya, satu buah motor dengan sengaja dijatuhkan, kemudian Polwan tersebut membalikan badannya dan mendorong motor dengan bobot ratusan kilogram tersebut untuk kembali berdiri. Ada juga latihan berputar (circle) dan putar balik (U turn) dalam keadaan motor tetap berjalan dan dari keadaan motor diam ke jalan.

“Sebanyak 25 Polwan akan diturunkan dan mengawal para delegasi IMF-WB Annual Meeting 2018. Kita kerahkan Polwan bermotor besar untuk mendampingi para delegasi perempuan,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Bali, Kombes Pol. Anak Agung Made Sudana, S.H., S.I.K. saat ditemui di tempat latihan, Kamis (14/9).

Dijelaskannya, pengerahan Polwan sangat perlu dilakukan karena penampilannya lebih humanis, sesuai dengan implementasi dari program Kapolri yaitu Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya). “Saat mengawal, tugas utamanya adalah mengamankan rute para delegasi dari bandara menuju hotel dan dari hotel menuju lokasi-lokasi acara,” terangnya.

Salah satu polwan, Bripda Ni Luh Putu Geby Sintia Griastini mengatakan, sebelum tergabung dalam tim pengawalan, ia harus melalui serangkaian tes serta latihan mengendarai motor besar selama beberapa bulan.

“Latihan pengawalan dengan menggunakan moge, tidak seperti naik motor biasa. Bedanya, kita diberi tugas dan tanggung jawab penuh untuk mengamankan kendaraan yang kita kawal,” kata Bripda Geby yang saat ini bertugas sebagai ajudan Ibu Kapolda Bali tegasnya,” ferry.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.