Beranda Berita Terbaru Hari ini Terakhir Registrasi Kartu SIM Prabayar

Hari ini Terakhir Registrasi Kartu SIM Prabayar

0
BERBAGI

JAKARTA, buserkriminal.com – Tenggang waktu registrasi kartu SIM prabayar akan berakhir hari ini, Senin (30/4/2018). Jika hari ini belum juga registrasi, maka kartu SIM prabayar kamu bakal diblokir total pada 1 Mei 2018.

“Operator telekomunikasi seluler wajib melakukan pemblokiran layanan pada 1 Mei 2018 bagi nomor prabayar yang belum registrasi ulang,” kata Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ahmad M. Ramli dalam keterangan tertulisnya.

Sesuai dengan Ketetapan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Registrasi Kartu Prabayar Seluler, pemblokiran total itu akan dilakukan untuk seluruh layanan. Yakni panggilan dan SMS keluar, panggilan dan SMS masuk serta layanan data internet.

“Karena tidak semua orang ternyata paham bahwa ini perbuatan pelanggaran besar. Kita sosialisasikan bahwa ini bahaya dan pelanggaran besar,” ungkap dia.

Lebih lanjut, Merza mengimbau para pelanggan prabayar lama untuk segera mendaftarkan kartu SIM mereka sebelum 1 Mei 2018. Hal ini karena operator sesuai arahan dari pemerintah akan memblokir kartu SIM prabayar yang belum juga melakukan registrasi hingga akhir bulan ini.

“Kalau sampai 30 April belum daftar juga, maka praktis seluruh layanannya diblokir. Kami meminta semua pelanggan prabayar untuk mendaftar sebelum 30 April berakhir,” tuturnya dikutip dari Liputan6.com.

Sejauh ini, telah ada 328 juta kartu SIM Card prabayar yang berhasil melakukan registrasi. Jumlah tersebut sudah direkonsiliasikan antara data dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dengan operator seluler.

Tujuan dari dilakukannya registrasi pelanggan prabayar sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) adalah semata-mata untuk melindungi masyarakat dari kejahatan dunia siber serta menuju single identity number.

Sumber: Liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here