Beranda Berita Terbaru Masyarakat Dihimbau Tak Lakukan Penggalian Pasir di Areal Sungai

Masyarakat Dihimbau Tak Lakukan Penggalian Pasir di Areal Sungai

BERBAGI

HALUT, buserkriminal.com – Jembatan di desa Mede, kecamatan Tobelo Utara adalah satu-satunya jembatan yang menghubungkan Tobelo dengan Galela dan Loloda Utara. Jembatan tersebut mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah yang beberapa waktu lalu longsor di hantam derasnya air sungai, akibat hujan lebat.

Melalui dinas PU, pemda Halut telah berkoordinasi dengan Kementrian Pekerjaan Umum lewat Balai 16 yang menangani wilayah Maluku dan Maluku Utara, agar jembatan Mede segera dilakukan perbaikan ” Terkait dengan perbaikan jembatan tersebut, kami  sudah informasikan dan kordinasikan ke Balai 16”, ucap kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bernard Pawate kepada Buserkriminal.com (Selasa 3/7/2018) di ruang kerjanya siang tadi.

Selebihnya Bernard mengatakan, setelah menginformasikan dan berkordinasi dengan Balai, pihak Balai pun langsung menindak-lanjuti dengan melaksanakan proses pelelangan. “Informasi yang saya terima dari pihak Balai, bahwa rencana perbaikan jembatan Mede, sudah dilakukan proses pelelangan dan sudah ada pemenangnya. Kita tinggal menunggu saja”, ungkap dia.

Sementara itu, terkait dengan mengantisipasi terjadinya abrasi di areal sungai desa Mede, yang belakangan ini meningkatnya intensitas hujan yang tinggi di Tobelo dan sekitarnya, pihaknya bersama dinas terkait dengan pemerintah desa telah berkordinasi untuk mengeluarkan himbauan ke masyarakat setempat agar tidak ada lagi aktivitas galian C di areal sungai terlebih lagi dekat jembatan. “Kami menghimbau agar masyarakat lebih peduli lingkungan,  dengan tidak melakukan penggalian pasir tepian jembatan. Untuk itu, di sepanjang bantaran kali di desa tersebut, kami sudah memasang papan himbauan agar masyarakat khusunya mereka yang mata pencahariannya mengambil pasir, untuk tidak menggali sepanjang radius 200 meter dari jembatan,” tuturnya. o ARTHUR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.