Beranda Berita Terbaru Nusa Dua Bisa Jadi Contoh Kawasan Wisata Terpadu di RI

Nusa Dua Bisa Jadi Contoh Kawasan Wisata Terpadu di RI

BERBAGI

JAKARTA, buserkriminal.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) turut mendukung pengembangan 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau disebut sebagai 10 Bali Baru guna mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan asing hingga 2019.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menyatakan optimistis terhadap tercapainya target tersebut, lantaran Indonesia memiliki alam dan kekayaan budaya yang bisa dikembangkan sebagai daya tarik wisata.

“Dari target 20 juta wisatawan ke Indonesia hingga tahun 2019, masih didominasi oleh kunjungan ke Bali. Pemerintah saat ini mengembangkan sepuluh kawasan wisata sebagai Bali baru. Saya yakin targetnya dapat tercapai,” ujar dia dalam keterangan tertulis, Kamis (11/10/2018).

Dukungan yang diberikan Kementerian PUPR dalam bentuk pembangunan infrastruktur PUPR berupa jalan akses menuju lokasi wisata, jalan di lokasi wisata, air baku, sanitasi, drainase dan persampahan. Kementerian PUPR juga membangun ruang-ruang publik termasuk rest area, parkir, pedestrian, dan penataan kawasan untuk mendukung kegiatan produktif sektor pariwisata.

Basuki mengatakan, Nusa Dua di Bali bisa menjadi contoh sebagai kawasan wisata terpadu yang juga bisa dikembangkan di destinasi lainnya di Indonesia.

“Nusa Dua adalah proyek pembangunan kawasan pariwisata terpadu pertama oleh komunitas internasional di Indonesia pada tahun 1971. Kita ingin ada kawasan seperti Nusa Dua di KSPN Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur, dan Danau Toba,” kata dia.(*/net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.