Beranda Berita Terbaru Penyeludup Lobster Ditangkap di Bandara Soetta

Penyeludup Lobster Ditangkap di Bandara Soetta

BERBAGI

JAKARTA, buserkriminal.com – Petugas keamanan Bandara Soekarno-Hatta berhasil menangkap inisial J lantaran terbukti mencoba menyelundupkan benih lobster yang disimpan di dalam koper miliknya. Dia diamankan Minggu (10/6). Dari pelaku diamankan 33 kantong plastik bening berisi 18.228 ekor benih lobster.

Kepala Bidang Kepatuhan lnternal dan Layanan lnformasi KPU BC Soekarno-Hatta Dadan Farid, menerangkan, pelaku J hendak terbang dari Bandara Soetta menuju Singapura dengan menggunakan pesawat Lion Air.

Diterangkan Dadan, upaya penyelundupan itu terungkap, berkat kejelian petugas yang curiga dengan isi koper pelaku J yang dalam kondisi dingin.

“Penyelundupan lobster ini selalu dengan cara sama, yakni menggunakan kantung plastik yang ditaruh es pendingin, demi lobster yang dibawa tetap bertahan hidup,” katanya.

Dari kecurigaan tersebut, diperkuat dengan rekam x-ray yang menunjukkan perbedaan pada isi koper. Sehingga dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh petugas.

Atas hal tersebut, Dadan menjelaskan, petugas pun berkoordinasi dengan pihak groundhandling maskapai Lion Air untuk menjemput pemilik bagasi yang merupakan wanita asal Medan.

“Setelah dibuka ditemukan isi koper adalah benih benih lobster yang dikemas ke dalam kantong plastik sebanyak 33 kemasan dengan isi 18.228 ekor,” ujarnya.

Dari hasil penangkapan tersebut, Bea Cukai kemudian berkoordinasi dengan Polresta Bandara Soekarno-Hatta dan Balai Besar Karantina lkan untuk menyerahkan tersangka dan barang bukti guna penanganan lebih lanjut.

Kepala Karantina Ikan Bandara Soekarno-Hatta Habrin Yake menambahkan, belasan ribu benih lobster tersebut langsung dilepas liarkan ke perairan yang terletak di Serang, Banten.

“Hewan ini langsung dibawa ke Serang, Banten, untuk dilepas sebanyak 18.004 ekor. Sisanya untuk proses penyelidikan,” terang Habrin.

Saat ini, kasus tersebut masih dalam penanganan pihak kepolisian untuk penyelidikan lebih lanjut.(*/mdk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.