Beranda Berita Terbaru Penyidik Kejatisu dan Polda Sumut Olah Perkara Kasus Tenggelam KM Sinar Bangun...

Penyidik Kejatisu dan Polda Sumut Olah Perkara Kasus Tenggelam KM Sinar Bangun Di Danau Toba

BERBAGI

MEDAN, Buserkriminal.com – Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara telah menerima kembali berkas perkara empat terdakwa tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun pada 17 Juni 2018 silam diperairan Danau Toba.

Sebelumnya berkas perkara sempat dikembalikan akibat berkas perkara belum lengkap secara formil dan materil. Kasipenkum Kejati Sumut, Sumanggar Siagian mengatakan, berkas telah diterima dari Penyidik Polda Sumut pada Senin (6/8/2018) .

Berkas perkara tersebut rencananya akan diteliti ulang oleh jaksa penuntut umum yang menangani perkara KM Sinar Bangun tersebut.

“Berkas perkara empat tersangka sudah kita terima ulang untuk untuk diteliti kembali waktunya ya selama empat belas hari ke depan untuk diteliti,” ujar Sumanggar di ruangannya, Jumat (10/8/2018).

Untuk mengolah objek perkara, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara telah menuju Tigaras yang diketahui sebagai lokasi awal pemberangkatan kapal sebelum tenggelam di perairan Danau Toba.

Kasipenkum berujar pihaknya yang menuju Tigaras berangkat bersama tersangka dan penyidik Kepolisian Daerah Sumatera Utara.
“Barusan dikabarkan ada peninjauan ke lokasi bersama penyidik.hari ini red (Jumat) ke Tigaras Jaksa Penuntut Umum, penyidik dan bersama tersangkanya,” ujarnya.

Rencananya Belman Tindaon ditunjuk menjadi Ketua Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menangani empat tersangka perkara Sinar Bangun pada masa persidangan.

Empat tersangka awal yang akan diadili rencananya yakni, Nakhoda Kapal Motor Sinar Bangun, Poltak Soritua Sagala, Kepala Pos Pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir, Golpa F Putra. Kemudian, Kepala Bidang Angkutan Sungai dan Danau Perairan (ASDP) Kabupaten Samosir, Rihad Sitanggang dan Kepala Pos Pelabuhan Simanindo, Karnilan Sitanggang.

?Kadis Perhubungan Pemkab Samosir Nurdin Siahaan yang turut menjadi tersangka rencananya diadili dalam berkas terpisah yang hingga kini berkasnya belum diterima pihak Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

(Sembiring)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.