Home Khatulistiwa Polisi Gelar Pengamanan Melasti Umat Hindu di Tanggamus Lampung

Polisi Gelar Pengamanan Melasti Umat Hindu di Tanggamus Lampung

0
SHARE

1Tanggamus (Buser Kriminal) – Kepolisian Resor Tanggamus melakukan pengamanan Melasti umat hindu dalam rangka menyambut hari raya nyepi tahun baru saka 1939 di  Pantai Pekon Sukabanjar Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten Tanggamus, Sabtu (25/3/17) pagi.

Dijelaskan oleh penanggung jawab persembahyangan  yang juga tokoh umat Hindu I. Wayan Geden asal Sidorukun, Tulung Lango Kecamatan Kota Agung Timur, Melasti merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan umat hindu dalam mempersiapkan diri, menyucikan pikiran untuk melaksanakan tapa brata penyepian. Melasti hari ini dipimpin oleh seorang mangku, Sugiman dan ikuti oleh 30 umat.

“Ibadah catur brata penyepian yaitu menjalankan puasa amati geni, amati karya, amati lelanguan, amati lelungan yang artinya menahan hawa nafsu untuk tidak berpuasa tidak makan minum, tidak melakukan aktifitas atau bekerja, tidak menghidupkan api atau penerangan dan yang terakhir tidak keluar rumah atau meninggalkan rumah” terang I. Wayan Geden.

Masih kata I.Wayan Geden, atas nama umat hindu mengucapkan terimakasih kepada aparat keamanan Polsek Kota agung dan Anggota Koramil Kota Agung yang telah membantu keamanan bagi umat hindu yang melaksanakan persembahyangan melasti dlm rangka memperingati hari raya Nyepi tahun baru saka 1939 M yang jatuh pada hari Selasa (28/3/17).

Sementara itu Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Tanggamus, Kompol Aditya Kurniawan mengatakan terkait pengamanan kegiatan keagamaan umat hindu, Polres melaksanakan pengamanan dibawah koordinasi Kapolsek Kota Agung AKP Syafri Lubis.

“Upaya tersebut kami laksanakan dalam menjaga solidaritas dan kemanan bagi umat hindu yang sedang melaksanakan rangkaian pelaksanan nyepi tahun 2017,  kegiatan berjalan kodusif dan pengamanan berakhir sekitar jam 10.30 Wib. Saat ini umat hindu telah kembali kerumah masing-masing” tandas Kompol Aditya Kurniawan. o PON

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here