Beranda Berita Terbaru Polres Jakbar Bongkar Pabrik Sabu Yang Beromset Miliaran Rupiah Di Tangerang

Polres Jakbar Bongkar Pabrik Sabu Yang Beromset Miliaran Rupiah Di Tangerang

BERBAGI

JAKARTA, BuserKriminal.com – Polres Jakarta Barat Bersama Kasi Penyidikan Narkotika BPOM Gelar Jumpa Pers Terkait Penangkapan Bandar Narkoba Kristal Seberat 15 (Lima Belas) Kg, Pabrik Sabu rumahan digerebek Petugas di Perumahan Metland Jalan Katelia Elok No 12B Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, Jum’at (10/08/2018).

Rumah tersebut diketahui milik AW (56), sebanyak 500 (Lima Ratus) Gram Sabu siap edar dan 1 (Satu) Kilogram Sabu setengah jadi disita Petugas. Dari hasil penyitaan tersebut, diketahui Pabrik tersebut mampu membuat Narkoba berbentuk Kristal Bening sebanyak 15 (Lima Belas) Kilogram.

Demikian diungkapkan dalam Keterangan Pers pada Konferensi Pers yang dihadiri Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes. Pol. Hengki Hariyadi, Kabid Puslabfor Bareskrim Kombes. Pol. Sodiq, Kasi Penyidikan Narkotika Psikotropika Prekursor dan Zat Adiktif (NAPPZA) BPOM RI Dr. Faizal Putrawijaya S.H., M.H., menyatakan pihaknya telah melakukan pengintaian kurang lebih selama 1 (Satu) Minggu.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes. Pol. Hengki Hariyadi mengatakan bahwa Pelaku mengoperasikan bisnisnya seorang diri. Dari barang yang disita, Pelaku bisa memperoleh keuntungan sebesar Rp 11.000.000.000,- (Sebelas Miliar Rupiah).

Pelaku menggunakan obat- obatan yang biasa dijual di warung- warung sebagai bahan baku membuat Sabu. Racikan tersebut mudah dibuat lantaran bahan bakunya dijual bebas di Warung.

Ini merupakan Modus baru dan juga sebagai Alarm untuk Penegak Hukum lainnya. Produksi Sabu yang dibuat oleh Residivis Kasus serupa ini, tak kalah dari Sisi Kualitas, jika dibandingkan dengan Sabu asal luar negeri. Meski menggunakan bahan baku dari obat-obatan bebas.

Dari keterangan yang berhasil didapat bahwa Pelaku mendapat keahlian meracik bahan baku farmasi itu menjadi Kristal Sabu, saat dirinya berada di dalam Lapas.

“Pelaku pernah ditangkap sebelumnya dengan kasus yang sama, ternyata di Lapas orang ini ilmunya bertambah, bisa dikatakan dia MacGyver, meracik obat yang ada dipasaran menjadi barang haram,” ungkap Kombes Pol Hengki.

Berikut barang bukti yang disita Polisi dari rumah AW, berupa 16 (Enam Belas) Box yang berisi 10.000 (Sepuluh Ribu) tablet Neo Napacine (Obat Asma), 1 (Satu) Kilogram Ephedrin, 5000 (Lima Ribu) Gram Soda Api, 1000 (Seribu) Gram Yodium, 1312 (Seribu Tiga Ratus Dua Belas) Gram Fosfor, 50 (Lima Puluh) liter HCL, 40 (Empat Puluh) liter TOLUEN, 10 (Sepuluh) liter ACETONE, 5 (Lima) liter Alkohol dan lainnya.

Lebih lanjut Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes. Pol. Hengki Hariyadi mengatakan “Pelaku dijerat pasal berlapis 113, 114 dan 112 Undang-undang RI No 35 taking 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara,” pungkasnya.
(Dasep M)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.