Beranda Berita Terbaru Program Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di BPN Gianyar

Program Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di BPN Gianyar

BERBAGI

DENPASAR, buserkriminal.com – Bagi seluruh masyarakat indonesia pada umumnya yang masih belum memiliki surat – tanah yakni berupa sertipikat tidak perlu di khawatirkan tinggal mendaftarkan di masing – masing Kabupaten / Kota, ke kantor Badan Pertanahan Nasional setempat tanpa dipungut biaya apapun , dengan melalui program PTSL . Kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan serentak bagi semua    obyek pendaftaran tanah diseluruh wilayah RI dalam satu wilayah desa / kelurahan atau nama lainnya yang setingkat. Tujuannya untuk mempercepat pensertifikatan secara pasti, sederhana, cepat, lancar, aman, adil, merata dan terbuka serta akuntabel kata Kakan. BPN gianyar I Made Daging saat  dikonfermasi diruang kerjannya. Subyek pendaftaran tanah , WNI, Badan hukum keagamaan dan sosial, PNS, TNI, Kepolisian,  Veteran, pensiunan PNS, purnawirawan TNI, purnawirawan Polri, dan suami/ istri/janda/duda veteran/pensiunan PNS/ purnawirawan TNI/purnawirawan POLRI,instansi pemerintah dan pemerintah daerah,untuk melaksanakan tugas dan funsinya, dan tidak bersifat profit, nazsir atau masyarakat hukum adat.

Obyek pendaftaran tanah sistematis lengkap meliputi seluruh bidang tanah tanpa terkecuali yakni bidang tanah hak, tanah aset pemerintah/pemerintah daerah, tanah BUMN/tanah BUMD, tanah desa, tanah negara, tanah masyarakat hukum adat, termasuk kawasan hutan dan bidang tanah lainnya.

Obyek pendaftaran tanah sistematis lengkap terbagi menjadi 4 kategori, kluster1(satu) bidang tanah yang data yuridisnya memenuhi syarat untuk sampai diterbitkan sertipikat hak atas tanahnya, kluster 2 (dua) bidang tanah yang data yuridisnya memenuhi syarat untuk diterbitkan sertipikat namun dapat perkara di pengadilan sebagaimana dimaksud dalam pasal 13 peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional nomer 35 tahun 2016, kluster 3 ( tiga)  bidang tanah yang data yuridisnya tidak dapat dibukukan dan diterbitkan sertipikat, kluster 4 ( empat)  subyek dan obyeknya tidak memenuhi syarat untuk pendaftaran tanah sistematis lengkap karena sudah bersertipikat. Tahaoan kegiatan selanjutnya, memasang patok tanda batas bahas bebas dan telah mendapat persetujuan penyanding,siapkan persyaratan foto copy KTP, KK, SPPT PBB tahun berjalan, FC sertipikat (yang sudah bersertipikat). Hubungi petugas , tunjukkan bidang pada peta, isi formulir dan tanda tangan.

Persyaratan, surat permohonan dan daftar isian inventarisasi dan identifikasi pesrta pendaftaran tanah sistematis lengkap, identitas diri pemohon dan atau kuasanya (foto copy syah KTP dan KK yang masih berlaku, surat kuasa jika permohonan diajukan oleh kuasanya, SPPT-PBB tahun berjalan, bukti-bukti perolehan tanah karena warisan, jika tanah yang dimohon diperoleh berdasarkan warisan yaitu: surat keterangan kematian, surat pernyataan waris,  surat pernyataan pembagian waris ( jika ada pembagian tanah warisan), sket / gambar kasar tanah yang dimohon, surat pernyataan permohonan bahwa telah menguasai secara fisik tanah yang dimohon dengan etikad baik selama 20 tahun / lebih secara terus menerus dengan disaksikan oleh dua orang saksi dan diketahui oleh perbekel / lurah letak tanah.

Tugas dan kewajiban peserta, menyiapkan dokumin bukti-bukti pemilikan tanah dan kelengkapan permohonan sertipikat, memasang patok tanda batas dan menunjukkan batas-batas bidang tanahnya, menghadiri kegiatan pendataan, pengukuran dan pemeriksaan tanah, turut memeriksa pengumuman data fisik dan data yuridis bidang tanah yang dimohonkan sertipikat.

Untuk target di tahun 2018 sebanyak 38.000 sertipikat, lokasi seluruh desa yang meliputi 4 kecamatan, Payangan, Ubud, Tegallalang dan Tampaksiring, dimasing-masing kecamatan dibuat posko dan dibentuk team panitia ajudikasi sebagai pekaksana PTSL ucap Kakan. Made Daging yang didamping Kasi hubungan hukum pertanahan I Gede Ari Wahyudi diruang kerjanya.0 Tim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.