oleh

4 Angkatan Akpol, Ikuti PKPA (Pendidikan Khusus Profesi Advokat)

Jakarta, BuserKriminal.com – Selama lima hari tertanggal 06 hingga 10 Februari 2020), KAI (Kongres Advokat Indonesia) melaksanakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), bertempat di Gedung Kantor Pusat PP-POLRI (Persatuan Purnawirawan Polisi Republik Indonesia).

Adapun penyelenggaraan PKPA diawali dengan penandatanganan MoU antara KAI, Universitas Sahid Jakarta dan Rekonfu Law Firm (Alumni AKPOL Angkatan 87) tentang Pelaksanaan Khusus di Bidang Hukum, Pengabdian Masyarakat dan Penelitian.

Acara penandatangan MoU dihadiri oleh Presiden KAI Adv. H. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto S.H., M.H., CLA., CIL., CLI., CRA., yang didampingi oleh Wakil Presiden KAI Adv. H. Heru S. Notonegoro S.H., M.H., CIL. dan Wakil Presiden KAI Adv. Henry Indraguna S.H., CLA., CIL.

Turut dihadiri pula Rektor Universitas Sahid Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom., didampingi oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Sahid Liza Marina S.H., M.H. dan Chairman Rekonfu Law Firm Adv. Irjen. Pol. A. Kamil Razak S.H., M.H.

Sejumlah akademisi dan praktisi berkompeten akan mengajar pada PKPA, mulai dari Badan Pengawas MARI, Kepala Biro Hukum, Humas dan IT, Hakim PHI Mahkamah Agung, serta Mantan Hakim Agung.

Sementara dari pengajar KAI, turut dihadiri oleh Presiden KAI dan para Wakil Presiden KAI diantaranya Adv. H. Heru S. Notonegoro S.H., M.H., CIL., Adv. TM. Luthfi Yazid, S.H., LLM., Adv. Prof. Denny Indrayana, S.H., LLM., Phd., Adv. Umar Husin, S.H., M.H., CLA., CIL., CRA., dan Adv. Diyah Sasanti, R., S.H., MBA., M.H., M.Kn., CIL., CLA., CLI., CRA.

KAI juga mengundang Kepala Pusat Bantuan Hukum BKPM Dr. Riyatno S.H., LLM., Kepala Departemen Penyidikan Sektor Jasa Keuangan OJK Dr. Tongam L. Tobing, S.H., LLM. sebagai pengajar. Keduanya akan membicarakan beberapa topik seputar Hukum Investasi, OSS dan Kejahatan Keuangan Bidang Teknologi.

Dalam sambutannya, Presiden KAI, Adv. H. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto S.H., M.H., CLA., CIL., CLI., CRA. menyampaikan terima kasih kepada Ketua Umum PP-POLRI yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal PP POLRI Irjen Pol. Sunarko Danu Arta atas kesediaannya membuka PKPA serta dukungannya memfasilitasi tempat pelaksanaan PKPA.

“Sebagaimana Pasal 2 ayat (1) Undang Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat, kegiatan ini merupakan salah satu syarat seseorang untuk diangkat menjadi advokat,” ucapnya.

Meski sudah mengikuti PKPA, Tjoetjoe menegaskan, peserta yang masih menjadi anggota aktif POLRI belum dapat diusulkan untuk diangkat sebagai Advokat.

“Namun, bagi yang sudah pensiun, diperbolehkan mengajukan pengangkatan Advokat di Kantor Pusat KAI. Di KAI sendiri, tidak ada advokat yang diangkat tidak melalui PKPA,” imbuhnya.

Di tengah peserta, hadir pula Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional, Prof. Dr. H. R. Benny Riyanto, S.H., M. Hum., CN.

Adapun PKPA kali ini diikuti oleh beberapa Komisaris Besar dan berpangkat Jenderal dari Alumni AKPOL Angkatan 77, 84, 87, dan 88 antara lain :

1. Komjen Pol. Drs Anang Iskandar

2. Irjen Pol. (P) IGM Dirgayu Wibawa

3. Irjen Pol. Drs. Tjetjep AgusIrjen Pol. Drs. Achmat Juri

4. Brigjen Pol. (P). Dra. Nur Afiah M.H.

5. Brigjen Pol. Drs. Istuhari S.H.

6. Brigjen Pol. Drs. Agus Sukamso M.Si.

7. Brigjen Pol. Drs. Ricky Francois Wakanno

8. Brigjen Pol. Drs. Mulyatno

9. Brigjen Pol. Drs. Adiyawarman Hadiyatono M.Si.

10. Brigjen Pol. Drs. Tatang M.Si.

11. Brigjen Pol. Drs. Suparwoto S.H.

12. Brigjen Pol. Drs. Ismail Bafadal

13. Brigjen Pol. (P) Anthoni Hutabarat

14. Brigjen Pol (P). Drs Siswandi.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PP POLRI melalui Sekjen PP POLRI menyampaikan ucapan terima kasih kepada KAI karena PKPA bersinergi dengan program PP POLRI dalam bidang pemberdayaan anggota dan bidang Hukum serta Advokasi.

Oleh karena itu, PP POLRI juga mengajak Direktur Utama PT. TSSI, Direktur LSP P-2 Sekuriti PP POLRI, dan Kadep Hukum & Advokasi.

Komentar

News Feed