Beranda Berita Terbaru 5 Pelaku Pemalsuan Materai Diciduk Polisi

5 Pelaku Pemalsuan Materai Diciduk Polisi

0

JAKARTA, buserkriminal.com – Polres Jakarta Selatan menciduk lima pemalsu dan rekondisi materai yang sudah terpakai. Kawanan ini mengedarkannya ke warung dan tempat foto copy di Jakarta Selatan.

Kelima Tersangka terdiri dari tiga tersangka rekondisi Ernawati (46), Arnis (46), Irfan Sudadi (35), dan kedua pemalsu materai yakni YI dan MN.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Bastoni Purnama menerangkan, kejadian berawal adanya masyarakat laporan polisi adanya temuan materai palsu yang bentuknya tak biasa.

“Kemudian setelah kami telusuri, ada dua kelompok berbeda yakni pertama kelompok rekondisi mengubah awal dengan cara membetulkan kembali materai 6000 yang bekas menjadi baru dan kelompok kedua adalah pemalsu materai,” ungkap kapolres.

Menurutnya, dua kelompok sindikat ini sudah beroperasi selama 2 tahun di Jakarta Selatan. Untuk kasus rekondisi, para tersangka kerap mencari materai bekas pakai untuk dijual kembali.

“Mereka dapat dari lapak-lapak yang menjual kertas bekas dari instansi-instansi, dari swasta swasta. Dicari yang ada materainya, dibersihkan dan digunting,” ucap dia.

Sedangkan untuk kasus pemalsuan, tersangka biasa mencetak materai tersebut dengan mesin cetak khusus. “Kemudian ini adalah materi yang palsu jadi di-print menggunakan print bentuk seperti seperti ukuran materai. Memang sekilas apalagi kalau kita belinya buru-buru malam hari, hampir seperti mirip dengan aslinya, hologram-nya dan warnanya juga bentuk nya mirip,” kata Kombes Bastoni.

Materai palsud an rekondisi itu dijual ke warung-warung dan tempat toko foto copy di Jakarta Selatan. Materai 6.000 dijual Rp3.500 per lembarnya.

“Kalau yang pemalsuan ditangkap oleh satreksrim di Jagakarsa tanggal 8 Agustus. Sedang kasus rekondisi ditangkap di daerah Pasar Minggu tanggal 18 Juli,” kata Bastoni.

Kelima tersangka dijerat dengan pasal pemalsuan materai. Mereka diancam dengan hukuman 7 tahun penjara.@humas

alterntif text

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.