99 KPM Menerima Bantuan Rutilahu dari Kemensos melalui Dinsos Pringsewu

  • Bagikan

PRINGSEWU – Sebanyak 99 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Pringsewu menerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dari Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Pringsewu.

Penyaluran bantuan tersebut diberikan secara simbolis oleh Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah yang diwakili oleh Sekretariat daerah Pringsewu Drs. H. Heri Iswahyudi M.Ag oleh KPM yang digelar di Aula Utama Kantor Bupati Pringsewu Kamis (23/6/2022)

Dalam arahannya mantan Kadisdik Pringsewu ini mengatakan, bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) merupakan salah satu program pemerintah pusat dan daerah, dalam penanganan fakir miskin. Bantuan sosial (Bansos) tersebut khusus diperuntukkan bagi keluarga fakir miskin yang terdata dalam Basis Data Terpadu (BDT) di Kemensos RI.”Dengan adanya bantuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal masyarakat Pringsewu tidak mampu melalui perbaikan/rehabilitasi kondisi rumah tidak layak huni dengan prioritas. Sehingga, angka kemiskinan di Pringsewu menjadi berkurang,” katanya.

Sementara Kadis Sosial Pringsewu Dra. Titik Puji Lestari dalam laporannya mengatakan, Program bantuan Rtilahu ini bersifat stimulan sebesar 15 Juta Rupiah per keluarga penerima manfaat (KPM), yang diperuntukan untuk pembelian bahan matrial bangunan, dengan pola swadaya gotong royong untuk membangkitkan kesetiakawanan sosial di lingkungan masyarakat bagi yang penerima manfaat.”Bagi penerima bantuan diharapkan dapat mengikuti petunjuk teknis dengan seksama, sehingga kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik, transfaran dan dapat di pertanggung jawabkan,” katanya.

Lebih lanjut Mantan Camat Pardasuka ini menyampaikan, khusus untuk Kabupaten Pringsewu mendapatkan jatah program tersebut ada sekitar 99 KPM yang tersebar di sembilan kecamatan se -Kabupaten Pringsewu.”Seharusnya ada 100 KPM yang dapat namun, ada satu KPM yang mengundurkan diri dikarenakan yang bersangkutan tanah dan bangunannya dalam jaminan bank dan si pemilik rumah juga sudah pindah di pulau Jawa,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, para Camat di sembilan kecamatan se- Pringsewu, Keluarga Penerima Manfaat, TKSK, PSM, dan Puskesos. (pon)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.