Acara Sedekah Bumi Terlaksana, Kuwu Desa Babadan Ungkap Terimakasih Kepada Warganya

banner 468x60

 

Cirebon, Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.

Hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Babadan, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Hanto ketika menggelar acara sedekah bumi, Selasa (8/11/2022).

Menurutnya, acara sedekah bumi di Desa Babadan merupakan tradisi sejak dahulu.

“Sehingga sedekah bumi dilakukan setiap tahun sekali sebelum musim tanam. Dan pada tahun 2022 ini Desa Babadan menyelenggarakan acara sedekah bumi,” ungkap Hanto.

Hanto menambahkan, ada beberapa rangkaian acara sedekah bumi di Desa Babadan. Beberapa rangkaian itu yakni, pada Kamis, 3 November 2022 acara sedekah bumi di mulai diisi oleh kegiatan tahlilan yang bertempat di Ki Gede Mayung.

Selanjutnya, kata dia, pada Minggu (6/11) acara sedekah bumi diisi dengan kegiatan ziarah dan doa bersama di kompleks makam Sunan Gunung Jati.

Hanto menambahkan, pada Selasa (8/11) dilanjut dengan kegiatan sedekah awor/tahlilan dan doa bersama di kantor Desa Babadan.

Selain itu, terang dia, pada Rabu (9/11) dilanjut dengan kegiatan pagelaran sandiwara di Lapangan Tanggul, Desa Babadan. Terakhir, lanjut Hanto, pada Kamis (10/11) acara dilanjutkan dengan kegiatan pengajian umum di Kantor Desa Babadan.

“Mudah-mudahan acara ini, harapan daripada saya selaku Kuwu di babadan bisa berjalan dengan lancar aman sesuai dengan harapan kita semua,” ujar Hanto.

“Dan saya sangat berterimakasih sekali kepada masyarakat Desa Babadan, dalam hal ini membantu terlaksananya acara sedekah bumi. Masyarakat hampir setiap rumah memberikan sedekah, baik nasi tumpeng, makanan dan lain sebagainya. Dengan sangat meriah ini (sedekah bumi,-red) merupakan syukuran dari warga kami Desa Babadan,” lanjut Hanto sambil tersenyum. (Dedi/Mumin)

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.