Antisipasi Penyebaran PMK, Bhabinkamtibmas Polsek Cigugur Pendataan Juga Monitoring Tenak Sapi

banner 468x60

KUNINGAN – Antisipasi Penyebaran PMK Hewan Ternak, Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda melalui Kapolsek Cigugur AKP Abdul Majid, telah melaksanakan Pengecekan Terhadap Ternak Sapi di Dusun Palutungan desa Cisantana, Selasa (09/08/2022).

Dalam rangka mendukung Program Pemerintah terkait penanganan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak, Kapolsek AKP Abdul Majid melalui anggotanya Aipda Alimin, melaksanakan kegiatan Pengecekan terhadap ternak hewan Sapi yang ada di wilayah hukum Polsek Cigugur Polres Kuningan Polda Jabar.

Bhabinkamtibmas Aipda Alimin, melaksanakan pengecekan dan memberikan himbauan kepada pemilik hewan ternak Sapi. Serta memberikan edukasi dan sosialisasi terkait penyakit Mulut dan Kuku kepada para peternak.

Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda saat dikonfirmasi Awak Media mengungkapkan, jika sesuai arahan pimpinan, pihak Kepolisian akan bersinergi dengan Dinas peternakan untuk berkoordinasi dalam rangka penanganan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang saat ini lagi banyak penularan di beberapa daerah di Indonesia.

“Kita akan terus bersinergi dan kolaborasi dengan dinas peternakan dan perikanan kabupaten Kuningan, Untuk pendataan, pengecekan guna mencegah penularan dan penyebaran PMK ternak agar tidak terjadi di kabupaten Kuningan,” paparnya.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan jika kegiatan pengecekan secara acak ke peternak hewan di Kabupaten Kuningan dilakukan menyusul ditemukannya kasus PMK (penyakit mulut dan kuku) hewan ternak di beberapa daerah di jawa barat.

“Dibeberapa kota di jawa barat sudah ditemukan beberapa kasus PMK pada hewan ternak, kita segera mengantisipasinya berkoordinasi dengan dinas terkait agar tidak sampai ada penyebaran di Kuningan,” tegas Dhany Aryanda.

Lanjut Kapolsek Cigugur AKP Abdul Majid mengungkapkan, jika pihaknya siap bekerja sama dengan Dinas terkait untuk melakukan patroli dan melakukan pengawasan terhadap aktivitas keluar masuk hewan ternak di wilayah Kabupaten Kuningan serta melakukan patroli terpadu di tingkat kecamatan dan sentra-sentra peternak sapi dengan terus memberikan imbauan dan edukasi kepada masyarakat untuk tenang.

Dari kegiatan bersama patroli pengecekan hewan ternak sampai saat ini belum ditemukan kasus PMK di wilayah Kabupaten Kuningan.

Selama berlangsungnya dalam kegiatan hari ini, Alhamdulillah berjalan dengan baik, lancar dan kondusif juga tetap mentaati protokol kesehatan.” Pungkasnya.

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.