Babinsa Desa Weru Lor Dukung Rencana Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah di Desa Weru Lor

  • Bagikan

Cirebon, Pemerintah Desa Weru Lor, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, berencana membangun tempat pengolahan sampah di Blok Karang baru RT 11 RW 03 pada tahun ini. Rencananya, tempat tersebut akan dibangun dari anggaran dana desa (DD) tahun 2022.

 

 

Kuwu Desa Weru Lor, Hasan Bisri menjelaskan, bahwa program pembangunan tersebut dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon yang mana upaya penyelesaian permasalahan harus terselesaikan di tingkat desa. Sehingga pihaknya berusaha untuk membuat tempat pengolahan atau pembakaran sampah.

 

“Rencananya sih sebenarnya di tahun 2022, cuma persoalan penanganan pandemi sehingga kita mengutamakan program pemerintah pusat seperti bantuan langsung tunai (BLT) pada tahun ini,” katanya ketika ditemui di kediamanya, Jumat (4/2/2022) pagi.

 

Menurutnya, pihaknya akan terus berupaya untuk merencanakan pembangunan tempat pengolahan atau pembakaran sampah tersebut. Namun, kata dia, jika alokasi anggaran Dana Desa (DD) tahun 2022 ini masih tercukupi.

 

“Jika tidak mencukupi anggarannya, maka terpaksa kami tunda pembangunan tempat pengolahan atau pembakaran sampah. Karena alokasinya diperuntukan untuk masyarakat sekitar yang terdampak pandemi Covid-19, tetapi perencanaan itu sudah berjalan,” jelas dia.

 

Namun, kata dia, jika perencanaan pembangunan itu dapat terealisasi pada tahun ini, pihaknya akan mengacu atau menduplikasi konsep seperti di Desa Setu Wetan, Kecamatan Weru, mempunyai tempat pengolahan sampah yang selama ini sudah berjalan dengan baik.

 

“Karena Desa Setu Wetan sudah dianggapnya bagus oleh Pemkab Cirebon, karena dari sekian tempat pembakaran sampah yang sukses itu adalah Desa Setu Wetan,” tutur Kuwu Desa Weru Lor ini.

 

 

Walaupun begitu, dirinya berharap persoalan sampah di desanya dapat terselesaikan sehingga Desa Weru Lor menjadi salah satu desa mandiri dalam hal menyelesaikan permasalahan sampah.

 

“Jika ada sampah yang tidak terbakar, maka kami akan tetap berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon,” pungkasnya.

 

Dalam kesempatan itu, ia menghimbau kepada masyarakat sekitar agar tetap membuang sampah pada tempatnya. Hal ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat.

 

“Kalau himbauan untuk masyarakat sendiri nanti setelah kita sudah membuat tempat pembakaran sampah. Maka kita akan melibatkan RT/RW semua komponen untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat, agar jangan membuang sampah sembarangan yang tidak semestinya seperti sungai,” katanya.

 

Dengan adanya perencanaan pembangunan tempat pengolahan sampah di Desa Weru Lor menuai respon positif dari Babinsa Desa Weru Lor, Serma Rokedi Koramil Weru/2014/Kodim/0620 Kabupaten Cirebon. Ia mengatakan, bahwa dirinya bersama Bhabinkamtibmas setempat sangat mendukung program pembangunan dari Pemerintah Desa Weru Lor. Dimana pada tahun ini Pemdes Weru Lor berencana membangun tempat pengolahan atau pembakaran sampah.

 

“Saya bersama Bhabinkamtibmas Desa Weru Lor sangat mendukung program dari Pemerintah Desa Weru Lor,” katanya.

 

 

Menurutnya, permasalahan sampah di berbagai wilayah itu sangat krusial. Sehingga, pihaknya berinisiatif untuk segera menyelesaikan persoalan sampah di desanya.

 

“Tentunya sampah itu bukan berada di Desa Weru Lor saja diberbagai wilayah permasalahan sampah itu sangat riskan, malah saya bilang bersama Bhabinkamtibmas ayo kita tunjukkan mampu dan bisa mengatasi persoalan sampah,” ujar pria yang ramah senyum ini.

 

Kendati demikian, dia mengajak kepada masyarakat sekitar supaya membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Hal ini bertujuan agar menciptakan lingkungan bersih dan sehat.

 

“Syukur-syukur (sampah) itu langsung dikirim atau diantar ketempat pembuangan sampah yang akan disediakan oleh Pemdes Weru Lor atau dikumpulkan didepan rumah, nanti Pemdes Weru Lor akan menunjuk tim petugas sampah untuk keliling mengambilin tong-tong yang berisi sampah didepan rumah mereka,” pungkasnya. (Mumin)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.