oleh

Bawaslu Lamsel Gelar Bimtek Terhadap 29 Pengawas Kelurahan/Desa Se-Kecamatan Kalianda

KALIANDA – Bawaslu Lampung Selatan melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap 29 Pengawas Kelurahan/Desa(PKD) se-Kecamatan Kalianda yang digelar disekretariat Panwaslu Kecamatan Kalianda, Jum’at (18/09/2020).

Acara yang digelar diwaktu siang hari itu ,dimulai sejak pukul 13.00 WIB,dibuka langsung oleh Fahrurrozi selaku salah satu Komisioner Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan.

Nampak terlihat ramai yang hadir diacara tersebut.Sebab,29 PKD se-Kecamatan Kalianda yang ada,seluruhnya mengikuti kegiatan tersebut,ditambah 3 Komisioner Panwaslu Kalianda beserta Staf.Hal ini sesuai dengan undangan yang disampaikan oleh Kepala Sekretariat Mubsir A.md lewat Grup PDK beberapa hari sebelumnya,agar bisa hadir semua.

Dalam arahannya, Fahrurrozi menekankan agar satu satunya PKD bisa memahami peraturan pemilu Kepala Daerah yakni:Undang Undang,PKPU dan PERBAWASLU.Sebab,bagaimana mungkin kita dapat melakukan pengawasan yang optimal bila tidak memahami peraturannya,jelasnya.

Lebih lanjut Fahrurrozi menekankan agar PKD selalu siap selama 24 jam untuk melakukan pengawasan,dan jangan lupa membuat laporan form A berikut alat buktinya.Karna,setiap laporan,pasti kita tindak lanjuti,tegasnya.

Selain itu,Fahrurrozi juga mencontohkan terhadap larangan bagi Kepala Desa,beserta Aparaturnya,dan ASN yang ikut aktiv dalam kegiatan Tiem Sukses Kandidat,bila kedapatan ditemukan,segera laporkan saja untuk kita proses.Begitu juga bila ada money politik,walaupun dengan dalih uang bensin atau uang makan,itu dilarang,tegasnya.

Dalam kesempatan itu,dilakukan juga dialog tanya jawab.Tiga penanya yakni,Fauzi dari Desa Pematang,Huda dari Kelurahan Bumi Agung dan Dinar dari Desa Pematang,mengajukan pertanyaan terkait dengan cara pengisingan laporan,pembinaan hubungan kelembagaan antara PKD dan PPS agar sama sama dapat memahami tupoksinya masing-masing,dan tentang BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah semua pertanyaan selesai dijelaskan satu persatu secara detail oleh Fahrurrozi kepada penanya dan audens ,lalu akhirnya bimtekpun ditutup pada pukul 16.00 WIB dengan salam.(Nur Ismail)

Komentar

News Feed