oleh

Bidkum Polda Papua Gelar Sosialisasi dan Penyuluhan Hukum di Polres Mappi

PAPUA – Bidang Hukum atau Bidkum Kepolisian Daerah Papua melakukan penyuluhan hukum kepada personel Polres Mappi.kamis(04/03/2020)

Penyuluhan tersebut disampaikan langsung Bidang Hukum Polda Papua Kompol Agustinus. Dalam kesempatan itu, ia didampingi Kapolres Mappi AKBP Cosmos Jeujanan.

“Dalam Sambutan saat membuka sosialisasi Kapolres mengatakan”Tujuannya agar anggota Polres Mappi lebih memahami perundang-udangan dan peraturan kapolri,dengan harapannya terhindar dari penyalahgunaan wewenang ataupun terjerumus dalam permasalahan hukum,”

selain itu mengharapkan dengan adanya sosialisasi dan penyuluhan hukum tersebut kepada seluruh anggota Polri dapat bekerja lebih profesional dalam melayani masyarakat.

Selain itu juga, melalui kegiatan ini pihaknya juga berharap kepada anggota bisa lebih mengerti dan paham dalam mempelajari ilmu – ilmu hukum.

“Ilmu ini sampai kapanpun akan bermanfaat bagi setiap anggota Polri, dengan mengikuti kegiatan sosialisasi dan penyuluhan hukum, kita bisa mendapatkan pengetahuan baru serta harapan kami dengan adanya kegiatan sosialisasi ini akan membuat personel Polres Mappi lebih paham tentang hukum,” tutur Kapolres”.

Dalam penyuluhan Kompol Agustinus menerangkan tentang Penyuluhan hukum tersebut yakni berkaitan dengan Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian.Kemudian, Peraturan Kapolri Nomor 8 Tahun 2009 tentang Implementasi Prinsip dan Standar Hak Asasi Manusia dalam Penyelenggaraan Tugas Polri.

Tidak hanya itu, juga berkaitan dengan Peraturan Kapolri Nomor 2 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Bantuan Hukum oleh Polri.

Bidkum juga lebih spesifik menegaskan penggunaan kekuatan Polri adalah tindakan Kepolisian untuk melindungi masyarakat harta benda atau kehormatan,kesusilaan dari bahaya kejahatan yang mengancam dengan tujuan penggunaan kekuatan untuk mencegah menghambat atau menghentikan ancaman yang membahayakan”ucap Kompol Agustinus”

Di akhir acara Bidkum mengharapkan dengan mendapatkan sosialisasi dan penyuluhan hukum tersebut semoga anggota polri dalam pelaksanaan tugas akan menjadi baik serta tegas dalam mengambil keputusan dilapangan,selain itu kami berharap materi yang disampikan bisa menjadi acuan bagi kita semua, bagi personil di Polres dan Polsek, hal tersebut karena Polri langsung bersinggungan dengan masyarakat,” tutup Kompol Agustinus”.@humas polres mappi

Komentar

News Feed