BPBD Dan Tagana Pringsewu Berikan Pelatihan Kesiapsiagaan Skala Lokal

  • Bagikan

Pringsewu – Pemerintah Pekon Fajar Agung Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu mengadakan Pelatihan Tanggap Bencana Skala Lokal Desa dengan alokasi Program Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 202. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Aula Pertemuan Pekon Fajar Agung.Rabu(24/11)2021).

Kepala Pekon Fajar Agung, Suparman mengatakan Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan Kapasitas SDM Pemerintah Pekon dan Unsur pemuda agar penahaman tentang kesiapsiagaan menghadapi bencana yang bisa saja terjadi di wilayah Pekon dan kapan sajah, imbuhnya pada saat membuka acara pelatihan.

“Kami mengundang warga masyarakat dan Aparatur Pekon sejumlah 40 Orang untuk mengikuti kegiatan ini agar bilamana ada suatu bencana itu, kami sudah siap dan dalam keadaan siaga,” kata Sri Subekti Ketua Pelaksana.

Adapun Narasumber pada Pelatihan kali ini adalah Ananto Pratikno Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi serta Agus Purnomo Kasi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Pringsewu dengan Materi Sistem Proteksi Dini Kebakaran Gedung dan Bangunan yang disampaikan oleh Ananto Pratikno.

Sedangkan Agus Purnomo Kasi Kesiapsiagaan menyajikan Materi tentang Desa Tangguh Bencana yang diselingi dengan Lagu Lagu Edukasi Kebencanaan dan dibantu oleh 2 Personil Relawan Taruna Siaga Bencana ( Tagana) Kabupaten Pringsewu Imam Mutaqqin dan Joko Supriyono untuk meramaikan serta menyemangati para peserta. Pada kesempatan tersebut juga dikenalkan Aplikasi InaRISK Personal merupakan aplikasi yang berisikan informasi tingkat bahaya suatu wilayah dan dilengkapi dengan rekomendasi aksi untuk melakukan antisipasinya secara partisipatif. Aplikasi ini disusun bersama antara pemerintah dan pihak lain yang memiliki pengalaman dalam edukasi kebencanaan di Indonesia.

Di akhir acara, Agus berharap kiranya Pemerintah Pekon agar bisa dengan kemampuan yang ada dapat segera membentuk Kepengurusan Desa Tangguh Bencana ( Destana) dan didukung dengan alokasi anggaran Dana Desa ( DD).”ucapnya (pon)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.