oleh

Bupati Tanggamus Hj.Dewi Handajani Hadiri Penyerahan Zakat, Infak dan Sedekah oleh Baznas

TANGGAMUS – Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani menghadiri Kegiatan Penyerahan Zakat, Infaq dan Sedekah oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tanggamus, di GSG Pekon Gistingbawah, Kecamatan Gisting, Jum’at (27/11/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua MUI Kabupaten Tanggamus  KH. Wahid Zamas, Ketua BAZNAS Tanggamus Hi. Ibnu Nizar, Perwakilan Forkopimda Kabupaten Tanggamus, Perwakilan Kantor Kementerian Agama Tanggamus, Kepala Dinas Kominfo Sabaruddin, dan Kabag Kesra Arpin.

Bupati Hj. Dewi Handajani dalam sambutannya mengatakan bahwa  bantuan yang diserahkan hari ini merupakan hasil dari pengumpulan zakat yang dikelola oleh BAZNAS Tanggamus dari para Muzakki atau orang yang telah berzakat.

“Oleh karena itu kepada seluruh muzakki di Kabupaten Tanggamus, yang telah menyerahkan kewajiban zakatnya, kami ucapkan terima kasih, dan mudah-mudahan mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT, dan rezekinya selalu dilipat gandakan oleh Allah,” kata Bupati.

Menurut Bupati, zakat sebagai salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim yang memenuhisyarat sesuai dengan syariat Islam. Zakat juga berpotensi besar dalam menanggulangi kemiskinan di tengah berbagai tantangan multidimensi yang dihadapi masyarakat saat ini.

Pemerintah juga terus berupaya menanggulangi permasalahan ini.
Berbagai program pengentasan kemiskinan telah dilakukan, namun dengan keterbatasan dana APBD belum sepenuhnya mampu menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Karena itu Saya himbau agar kita turut mengajak warga Tanggamus meningkatkan kesadaran akan pentingnya membayar zakat dan menyalurkannya kepada Badan Amil Zakat yang ada di Tanggamus.”

“Saya berkeyakinan bila hal ini berjalan optimal, insya Allah dengan keberadaan umat Islam yang besar, potensi zakat dapat dijadikan basis kekuatan ekonomi umat dan meningkatkan kesejahteraan,” kata Bupati.

Bupati mengungkapkan bahwa telah beberapa bulan belakangan seluruh ASN dilingkungan Pemkab Tanggamus telah berkomitmen dan telah menyerahkan sebagian gaji-nya untuk zakat, infak dan sodhaqoh dan telah disalurkan ke BAZNAS Kabupaten Tanggamus.

“Dimana mereka telah setuju dan ikhlas bahwa setiap bulan Bendahara Gaji dimasing-masing Perangkat Daerah langsung mengambil kewajiban zakat mereka,” ungkap Bupati.

Sementara Ketua BAZNAS Kabupaten Tanggamus, Hi. Ibnu Nizar menerangkan, jenis dan jumlah bantuan yang diserahkan pada kesempatan tersebut.

“Adapun jenis bantuan yang diserahkan hari ini berupa,  gerobak berkah 5 unit diserahkan kepada pedagang, kursi roda 20 unit, mesin jahit 1 unit, sebagai alat pembuatan kelengkapan pembuatan Tapis. Lalu bibit kambing dan bebek, serta bantuan bedah rumah di Pekon Banjarnegeri, Kecamatan Gunungalip dengan nilai 17 juta Rupiah.

Terpisah Bapak Taizir, salah satu penerima zakat, yang kesehariannya bekerja sebagai kuli, menyatakan rasa senang dan terima kasihnya atas bantuan yang diterimanya.

“Tidak ada dalam benak pikiran Saya, apalagi mimpi, kalau rumah Saya akan mendapatkan bantuan bedah rumah. Terima kasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui BAZNAS yang telah membantu keluarga Saya, melalui bedah rumah yang diberikan langsung oleh Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani,” ujarnya haru. (Pon)

Komentar

News Feed