Calon Jemaah Haji Pringsewu Diberangkatkan dari Kantor Bupati Minggu 19 Juni 2022

  • Bagikan

PRINGSEWU – Calon jemaah haji Pringsewu akan dilepas di Kantor Bupati Pringsewu pada Minggu 19 Juni pukul 6.00 WIB.

Menurut Kasi Pemberangkatan Haji dan Umrah Alkhyarulloh,Rabu (15/6/2022) lokasi pelepasan tersebut sudah pasti. Setelah sebelumnya ditetapkan dulu jadwal keberangkatannya.

“Untuk lokasi pelepasan akhirnya sudah bisa dipastikan di Kantor Bupati Pringsewu. Jadi nanti seluruh calon jemaah haji diberangkatkan dari lokasi tersebut,” ujar Alkhyarulloh.

Ia mengaku, pertimbangan pemilihan lokasi karena biasanya saat pelepasan banyak anggota keluarga ikut melepas pula. Sehingga bisa timbulkan keramaian dan kemacetan lalulintas.

Untuk itu dipilih lokasi yang lapang yang tidak menimbulkan dampak dari keramaian tersebut. Dan akhirnya pilihan sudah tepat yakni di Kantor Bupati Pringsewu.

Sebab selain lokasi Kompleks Pemkab Pringsewu luas juga tidak terdapat lalulalang kendaraan. Maka kemacetan lalulintas bisa dihindari. Selain itu bertepatan dengan hari Minggu dan aktivitas perkantoran libur.

Alkhyarulloh mengaku, nantinya disediakan tiga bus. Jumlah tersebut cukup karena jumlah calon jemaah haji tahun ini 128 orang ditambah seorang pendamping haji daerah, maka total 129 orang.

Nantinya para calon jemaah haji diberangkatkan dulu dari kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) masing-masing. Di tempat itu pula harapannya keluarga cukup melepaskannya.

Namun jika keluarga tetap mengiringinya sampai ke lokasi pelepasan tingkat kabupaten, Kemenag Pringsewu tidak bisa mencegah. Itu pula yang diantisipasi dengan pemilihan lokasi pelepasan di Kantor Bupati Pringsewu.

Setelah dari Pringsewu, nantinya calon jemaah haji akan tiba di asrama haji Lampung di Rajabasa, Bandar Lampung. Di sana akan diperiksa lagi kesehatannya, perlengkapan sambil menunggu jadwal penerbangan ke Bandara Soekarno-Hatta

Dan sebelum pelepasan, sehari sebelumnya yakni Sabtu 18 Juni dilakukan tes PCR bagi calon jemaah haji. Itu sebagai syarat untuk keberangkatan haji.

Tes PCR dilakukan oleh Dinas Kesehatan Pringsewu yang selanjutnya sampel dibawa ke labolatorium. Dan kemungkinan hasilnya diketahui sehari setelahnya. Berbeda dengan tes antigen yang bisa langsung diketahui.

“Mudah-mudahan sehat semua, bisa berangkat semuanya. Jika sampai hari ini tidak ada laporan yang batal berangkat,” ujar Alkhyarulloh. (pon)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.