Dekopinda Kabupaten Pringsewu Gelar Musayawarah Daerah Periode 2022-2027

  • Bagikan

PRINGSEWU – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Pringsewu gelarM usayawarah Daerah yang pertama periode 2022-2027.

Musda dengan tema ‘Tantangan Pasca Pandemi dan Strategi Transformasi Koperasi dan UKM untuk ekonomi Lampung Berjaya’,berlangsung di Hotel Urban Pringsewu, Kamis (23/6/2022).

Ketua Paniti Musda Nurul Hidayah mengatakan, agenda musda pertama itu diikuti 30 peserta perwakilan pengurus Koperasi di Kabupaten Pringsewu.

“Agenda tersebut guna menghasilkan kepengurusan Dekoinda Kabupaten Pringsewu periode 2022-2027, sekaligus membahas program kerja,”jelas Nurul.

Sementara Plt Ketua Dekopinda Kabupaten Pringsewu Sukri menjelaskan, digelarnya Musda tersebut sehubungan telah dikeluarkannya salinan putusan Mahkamah Agung RI No.487 K/TUN/2021 yang menolak Kasasi Nurdin Halid dan secara sah menetapkan Sri Untari Bisowarno menjadi Ketua Umum Dekopin Pusat.

Menurutnya, selaku Plt Ketua maka segera menindak lanjuti dengan melaksanakan Musda Dekopinda Pringsewu dengan harapan setelah terbentuknya kepengurusan yang baru dapat membawa dampak positif bagi kemajuan koperasi yang ada di Kabupaten Pringsewu ini.

“Terpenting lagi dapat terjalin kerja sama yang baik dengan dinas terkait, pemerintah daerah setempat untuk bersama-sama membangun memajukkan koperasi yang ada di Kabupaten Pringsewu ini,”ucap Sukri

Ketua Dekopinwil Lampung Juniansyah berharap agar Koperasi yang ada di Kabupaten Pringsewu benar-benar bisa memahami apa fungsi dari Koperasi, sehingga sesuai dengan UU No. 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian Bab XI Pasal 57 ayat (1).

“Yakni bahwa koperasi secara bersama-sama mendirikan satu organisasi tunggal yang bernama Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dan berfungsi sebagai wadah untuk memperjuangkan kepentingan dan bertindak sebagai pembawa aspirasi koperasi,”harapnya

Staf Ahli Bupati Pringsewu Samsir Kasyim saat membuka musda mengharapkan, dengan diselenggarakannya Musda ini, nantinya akan terbentuk program Pokok Dekopinda Pringsewu 2022-2027 yang kredibel, akuntabel dan amanah dalam mengemban visi dan misi organisasi untuk berjuang dan membangun bidang perkoperasian di Kabupaten Pringsewu ini. Juga akan semakin meningkatkan eksistensi koperasi menjadi lembaga ekonomi yang kuat dan mandiri serta menjadi wadah utama pembinaan masyarakat golongan ekonomi mikro.”Serta Koperasi akan mampu menjadi kekuatan ekonomi yang tangguh apabila memiliki organisasi, manajemen, pengelolaan keuangan dan usaha yang sehat dan mandiri,”harapnya.

Samsir Kasyim meminta kedepan sinergitas yang telah terjalin sejak 2017 hingga kini terus ditingkatkan, dan mampu menjadi mitra kerja pemerintah daerah setempat melalui Diskoperindag juga mitra kerja dengan Pemerintah Pusat melalui Kemenkop. “Serta bermitra kerja dengan seluruh koperasi di Kabupaten Pringsewu,”ucapnya

Menurutnya, peran aktif serta inovasi dari Dekopinda Kabupaten Pringsewu akan sangat membantu dalam upaya memberikan pembinaan, pendampingan dan wadah bagi koperasi yang ada.” Serta dapat memfasilitasi permasalahan untuk bersama-sama mencari solusi serta inovasi terutama terkait kondisi yang dihadapi pelaku koperasi dimasa pandemi Covid-19 ini,”imbuh Samsir Kasyim.(pon)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.