oleh

FP3TKI Pandeglang Gelar Baksos Bentuk Kepedulian Sosial Terhadap Budi Utama Hakim

PANDEGLANG – Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Forum Pemuda Pandeglang Tenaga Kerja Indonesia (FP3TKI) menggelar aksi bakti sosial (Baksos) atau penggalangan dana di Lampu Merah Tugu Jam Alun-alun Pandeglang pada Senin (21/9/2020).

Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap Budi Utama Hakim (24) selaku Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kampung Pamarayan Desa Pamarayan Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten yang saat ini terjebak di Negara Suriname karena tertipu oleh sebuah Agen Perusahaan Penyalur Tenaga Kerja ke Luar Negeri.

Selain itu menurut Fikri Anidzar Albar, kegiatan penggalangan dana ini dilaksanakan sebagai kritik terhadap Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan salah satu Anggota DPR RI Komisi 1 yang terkesan lambat dalam membantu proses pengajuan biaya pemulangan Budi dari Negara Suriname, padahal Budi merupakan warganya.

“Kami sudah koordinasi dengan Bupati Pandeglang, Ketua DPRD Pandeglang, dan Rizki Aulia Rahman Natakusuma selaku DPR RI Komisi 1 sejak Tanggal 6 Juli 2020, tapi sampai saat ini responnya sangat kurang baik. Hanya sekedar nanya ke keluarga Budi lalu tidak ada tindak lanjutnya,” ungkap Fikri sambil menjelaskan.

Kemudian ketika ditanya  Awak Media kenapa harus melakukan Bansos, padahal Pemerintah dari tingkat daerah hingga pusat itu ada, namun Fikri menjelaskan bahwa Pemerintah sangat lambat dan terkesan enggan membantu biaya pemulangan Budi.

Budi sendiri yang cerita kalo Budi sudah ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Suriname, tapi KBRI beralasan bahwa tidak ada anggaran untuk pemulangan TKI dari sana. “Maka Kami berinisiatif untuk melakukan penggalangan dana pada hari ini,” imbuh Fikri dengan penuh iba terhadap sesama.

Namun secara terpisah Tb. Udi Juhdi, SE (Ketua DPRD Kabupaten Pandeglang) dari Fraksi Partai Gerindra saat diklarifikasi oleh Awak Media melalui pesan WhatsApp pada Senin Malam (21/9/2020) menjelaskan bahwa Pihaknya sudah menyampaikan hal ini secara serius kepada Anggota DPR RI Komisi 1 yang mewakili Daerah Pemilihan Banten 1.

“Saya sudah menyampaikan hal ini ke Komisi 1 DPR RI yang mewakili Daerah Pemilihan Banten 1. Bahkan Saya juga pernah mempertanyakan progresnya kepada Bapak Rizki Aulia Rahman, bahwa sejauh ini informasinya sudah disampaikan ke Direktorat Jenderal Perlindungan Warga Negara Indonesia,” jelasnya.

Namun sayangnya, untuk sementara hingga berita ini dimuat, Hj Irna Narulita, SE MM, Bupati Pandeglang dan Rizki Aulia Rahman selaku Anggota DPR RI Komisi 1 belum dapat dikonfirmasi untuk dimintai keterangan terkait sejauh mana penanganan permasalahan ini. @Kasman

Komentar

News Feed