Beranda Berita Terbaru H Syahruddin, SH, SpN, MH Sukses di Rantau, Dekat dengan Ranah

H Syahruddin, SH, SpN, MH Sukses di Rantau, Dekat dengan Ranah

0
BERBAGI
H Syahruddin, SH, SpN, MH

BERANGKAT dari kampung halaman di daerah Sunur, Kabupaten Padang Pariaman berselang setahun setelah mengantongi ijazah sarjana hukum yang di dapat dari kampus kebanggaan di Sumatera Barat yaitunya Universitas Andalas (Unand) pada tahun 1992 silam, tak membuat seorang Syahruddin gamang.

Sebagaimana jamaknya perantauan Minang yang berangkat dengan kondisi pas-pasan bahkan hanya sekadar ongkos jalan, pria bertubuh mungil ini mampu menunjukkan kemampuannya untuk menaklukkan tanah rantau. Sekarang siapa sangka, Pak Haji Syahruddin yang akrab disapa Ajo In ini justru melesat bak meteor di daerah Pandeglang yang telah didiaminya sejak tahun 1998 itu.

Meski bertubuh mungil, Ajo In memberikan teladan yang jelas bagi perantauan Minang lainnya, bahwasanya dia bisa berkiprah di banyak elemen dan organisasi masyarakat. Tak hanya menjadi pimpinan di tubuh Ikatan Keluarga Minang (IKM) Pandeglang, menjadi pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pandeglang, partai politik, Organda dan tentunya notaries, bahkan sejumlah organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pers di daerah tersebut mempercayakan Ajo In sebagai leadernya.

Terkait kesuksesannya tersebut, ayah tiga anak ini menjawab singkat, bahwasanya dia ingin memberikan kontribusi di mana pun dia berada. Sebagaimana filosofi Minangkabau, “Di ma bumi dipijak, disinan langik di junjuang,”.

“Saya memang selalu menempatkan hal itu di manapun berada. Karena filosoifi tersebut sangat cocok digunakan dan diterapkan di daerah rantau dan tak pernah lekang oleh waktu,” ujarnya dengan mimik serius.

Suami dari Hj Novianti ini, menyadari sekali arti pentingnya filosofi tersebut, sebab dengan selalu menggunakan filosofi itu dia bisa beradaptasi dengan daerah manapun dan dengan orang manapun juga.

Sebagai pribadi, Ajo In tak hanya piawai menuntaskan persoalan terkait pertanahan yang memang menjadi bidang tugasnya, namun pria yang saat ini oleh Fadli Zon dipercaya sebagai wakil ketua umum DPP IKM ini juga “santiang” merenangi wilayah lain yang tak terkait dengan disiplin ilmunya.

Motto hidupnya yang ingin Menjalani Hidup Ibarat Air Mengalir, ternnyata cukup mangkus membuat Ajo In menapaki karir di berbagai organisasi dan kelembagaan. Bahkan kalau boleh dikatakan, pria kelahiran 7 Desember 1967 ini adalah dedengkotnya organisasi di daerah Pandeglang secara khusus dan Banten secara umum.

“Dalam berorganisasi, saya tidak pernah meminta jabatan. Namun kalau memang saya dipercaya untuk mengembannya, insyaallah saya akan jalani secara maksimal dan penuh tanggung jawab,” ucapnya membuka rahasia sukses dalam berorganisasi.

Walau telah memiliki nama harus di tanah rantau, namun Ajo In tetaplah pribadi yang bersahaja dengan tak pernah melupakan kampung halamannya. Di kala senggang dan ada waktu luang, dia selalu menyempatkan diri untuk pulang ke kampung halaman.

“Ini memang rutin saya lakukan, selain karena tak ingin silaturahim terputus, sebagai lelaki Minang yang telah dewasa, tentunya kita telah menjadi mamak di dalam keluarga,” jelas Pak Haji ini pula.

Keseimbangan antara kepala keluarga di tanah rantau serta mamak di kampung halaman, memang selalu dijaga oleh H Syahruddin. Baginya, kedua objek tersebut tak boleh diabaikan atau ditinggalkan sama sekali. Karena keduanya adalah tugas yang selalu melekat dalam pribadi lelaki Minang.

Terkait organisasi yang telah dimasukinya sejak menapakkan kakinya di tanah Banten, Ajo In memiliki pengalaman unik yang tak pernah bisa dilupakannya yaitu saat didaulat menjadi ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pandeglang pada tahun 2009.

“Saya diwarisi tugas dan tanggung jawab yang tak ringan. Selain anggaran yang minim dan kantor yang tak terawat serta minim fasilitas, saya pun harus bisa membangun branding KONI agar lebih baik dan dekat dengan masyarakat. Alhamdulillah, saat inii di masa jabatan kedua

saya sebagai ketua KONI Pandeglang, bangunan kantor telah lebih bagus, gagah dan lengkap dengan sarana prasarana pendukung. Tak hanya itu, dukungan anggaran pun cukup memadai,” jelasnya tanpa maksud membanggakan diri.

Sehubungan dengan banyaknya jumlah perantauan Minangkabau di negeri orang, Ajo In berharap agar mereka tetap memegang teguh adat istiadat dan budaya Minangkabau di mana pun berada. Selalu menjaga talui silaturahim, pintar bergaul dengan warga setempat.

“Orang Minang diwarisi dengan kemampuan beradptasi yang baik dengan rantau, nah manfaatkanlah hal ini dengan baik,” katanya mengakhiri. ***

Biodata :

Nama : H Syahruddin, SH, SpN, MH

Tempat/Tanggal Lahir : Pariaman/ 7 Desember 1967

Istri : Hj Nofianti, SH, MKn

Anak : Alifa Imama Syahnovi, SArs

Fathin Fidia Notarisya

Nikmal Maula Syahnovi

Organisasi :

  1. Ketua INI Cabang Banten, Tahun 2000-2006
  2. Ketua IPPAT Pandeglang Lebak, Periode 2000-2009
  3. Ketua Majelis Pengawas Notaris Pandeglang Lebak Tahun 2006-2015
  4. Ketua Dewan Pakar DPC Nasdem Pandeglang Tahun 2013-2014
  5. Ketua Pembina DPC Nasdem Pandeglang 2014.
  6. Caleg DPR RI Dapil Banten 1 dari PBB Tahun 2014.
  7. Ketua Pengda Percasi Pandeglang Tahun 2006-2009.
  8. Ketua KONI Pandeglang Tahun 2009-2014 dan 2014-2019.
  9. Ketua Bidang Hukum, DPD Organda Banten Periode 2012-2017.
  10. Ketua IKM Pandeglang 2011-2016, 2016-2017.
  11. Bendahara Umum Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Pandeglang 2017-2022.
  12. Ketua 1 Sunur Raya Foundation 2010-2015.
  13. Ketua Dewan Kehormatan Daerah Notaris Pandeglang 2016 sampai sekarang.
  14. Wakil Ketua Umum DPP IKM 2017-2022.
  15. Serta Penasehat di sejumlah LSM dan lembaga pers di daerah Pandeglang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.