oleh

Ini Imbauan Kapolres Barsel, Gelar FGD Pencegahan Dan Penanggulan Karhutla

KALTENG, buserkriminal.com – Polres Barito Selatan Duduk bersama guna mencari solusi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Polda Kalteng, inilah yang di lakukan Polres Barsel dengan menghadirkan Instansi terkait menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Optimalisasi Peran Masyarakat Dalam Rangka Mencegah Karhutla di Wilayah Barito Selatan” yang bertempat di Aula Hotel Afiat, Buntok. Rabu (4/3/2020) siang.

Hadir pada kegiatan tersebut Kapolres Barsel AKBP Devy Firmansyah, Wakapolres Barsel Kompol A. Agung Gde A. Wirata, S.I.K., M.H., dan dari Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Barsel Alif Suraya serta dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barsel Muhammad Salim.

Dalam kegiatan itu juga hadir para Kades dan Lurah se Kabupaten Barito Selatan, Masyarakat Peduli Api se Kabupaten Barito Selatan dan para Tomas, Toda dan Todat se Kabupaten Barito Selatan.

“Giat ini bertujuan agar masyarakat tahu dan paham dengan Undang-undang (UU) tentang Karhutla serta ancaman hukuman pidana dan perdata jika tertangkap sebagai pelaku Karhutla. Kepada masyarakat diharapkan juga tahu kiat-kiat pembukaan lahan dengan tidak membakar, sosialisasi ini juga supaya masyarakat paham bahaya asap dari kebakaran lahan gambut,” ujar Kapolres Barsel.

Menurutnya persiapan untuk mengatasi Karhutla harus dimulai sejak dini, diantaranya dengan memetakan wilayah yang menjadi titik rawan Kebakaran hutan dan lahan, kemudian dilakukan penegakan hukum yang tegas pada pembakar hutan dan lahan.

Kapolres Barsel mengatakan, Karhutla menjadi agenda nasional dan Atensi langsung dari bapak Presiden Republik Indonesia, maka dari itu Polres Barsel juga sudah melakukan upaya preventif dan preemtif secara maksimal, upaya preemtif dengan cara pemetaan titik rawan Hotspot, Melakukan imbauan, sosialisasi kepada masyarakat dan perusahaan.

“Koordinasi dengan instansi lain, perankan Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat dan mendorong Pemda melakukan tupoksinya serta upaya preventif dengan melakukan patroli bersama, mendatangi TKP, melakukan pemadaman bersama serta mengajak masyarakat dan perusahaan,” ucapnya.

Upaya Penegakan hukum, lanjutnya, juga dilakukan serta mendatangi TKP, melakukan penyelidikan, penyidikan dan menyerahkan berkas perkara dan barang bukti kepada jaksa penuntut.

Kapolres juga mengajak kepada seluruh peserta FGD dan segenap elemen masyarakat untuk bersinergi, bersatu bahu membahu untuk memberikan solusi bagi permasalahan Karhutla dan menjadikan Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Barito Selatan bebas dari Karhutla.@ Herry.f

Komentar

News Feed