oleh

Jokowi Ingatkan Pangdam dan Kapolda Siap-siap Dicopot Kalau Gagal Tangani Karhutla

JAKARTA, buserkriminal.com – Peringatan keras untuk seluruh Pangdam, Kapolda, Kapolres, Danrem, Dandim di seluruh Indonesia. Siap-siap dicopot dari jabatan jika gagal mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang mungkin saja terjadi kembali.

Peringatan ini disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberi pengarahan tentang upaya penanganan karhutla 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis 6 Februari 2020.

“Pasti saya telpon Panglima, Kapolri, kalau ada kebakaran, saya tanya Dandim-nya sudah dicopot belum. Kalau sudah membesar pasti saya tanyakan, Panglima sama Kapolda sudah diganti belum,” kata Jokowi.

Pencopotan itu menurut Presiden sudah diberlakukannya sejak tahun 2016 lalu. Ia berkata, peringatan itu sudah berkali-jali disampaikan, khususnya jelang musim kemarau yang rawan terjadinya karhutla.

Pasalnya, dia khawatir ada kepala daerah dan pejabat kepolisian baru yang masuk ke daerah rawan kebakaran dan belum mengetahui aturan mainnya. Sementara kepala daerah, Jokowi mengaku hanya bisa mengingatkan sebab tak bisa mencopotnya.

“Ini aturan main sejak 2016 dan berlaku sampai sekarang supaya yang baru-baru tahun semuanya,” ujar Presiden.@net*

Komentar

News Feed