Kabur Duluan Saat di Sergap Balak Liar di KRPH Kerta Kawat, 11 Glondong Sonokeling Diamankan Polres Buleleng

  • Bagikan

SINGARAJA – Kepala Resort Pengelolaan Hutan Gerokgak desa Banyupoh Dusun Kerta Kawat berhasil amankan illegal loging puluhan kayu jenis sonokeling.

Sebelumnya, warga mendengar ada suara pohon tumbang pada pukul 22.00 wita dari dalam kawasan. Satgas kehutanan yang menerima laporan langsung menuju TKP mengawasi asal suara tersebut. Ternyata oknum melakukan penebangan didalam kawasan hutan tersebut.

Menurut Gunawan Setyono,Sp Kepala RPH Gerokgak kepada awak media Kamis (14/10) seijin Kasatgas, Dana Sugandi, dan KUPT Ir. Ketut Suastika.MM mengungkapkan,

“Awalnya ada laporan bahwa terdengar suara mesin didalam kawasan dan kita tindaklanjuti mal itu asal suara tersebut, ternyata ada penebangan liar yang malam itu yang merupakan tindak pidana,”ujar Gunawan.

Setelah pukul 01.00 wita melihat mobil pik up jenis L300 dari utara menuju suara tersebut,”kita monitor terus kemana mobil tersebut dan kita kasih kesempatan pelaku-pelaku itu menaikan kayu keatas mobil. Rupanya gerakan kita diketahui terlebih dahulu mereka kabur dan kejar pelaku namun tidak berhasil kita tangkap hanya saja kita amankan kayu jenis sonokeling. Karena lokasi sangat susah mereka menghilang dimalam itu,”terang Gunawan.

Menariknya dalam penangkapan di TKP bukan saja kayu jenis sonokeling itu berada diatas mobil, malah masih ada di sekitaran,”pukul 02,05 wita kita amankan kendaraan dan 11 batang kayu sonokeling dan selanjutnya kita koordinasi dengan Unit 2 Polres Buleleng untuk mengejar para pelaku serta menyerahkan barang bukti tersebut untuk dilakukan proses lebih lanjut,”jelas Gunawan Setyono.

Para pelaku yang telah mengendus gerakan Satgas kehutanan dan mereka melarikan diri diduga mengarah ke arah Gilimanuk dan tim Buser berupaya namun belum membuahkan hasil.

Sementara BB mobil pik up L300 dan Kayu Sonokeling yang sudah diamankan ke Polres Buleleng langsung ke TKP pukul 11.00 wita dikomando Kanit Iptu Darbawa dan kemudian melakukan penyelidikan. Dikonfirmasi awak media Ipda Darbawa seijin Kasat Reskrim membenarkan telah mengamankan dan masih mengejar para pelaku “betul kita sudah amankan BB, masih dalam tahap penyelidikan dan menunggu pelaporan dari KRPH, UPTD Gerokgak Bali utara dan warga sekitar,”jelas Ipda Darbawa *mer*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.