oleh

Kapolres Tabanan Bakti Religi Ziarah ke Makam Wali Pitu Habib Umar Bin Maulana Yusuf Al Maghribi

TABANAN, buserkriminal.com – Polres Tabanan Bhakti Religi Ziarah ke Makam Wali Pitu yaitu Habib Umar Bin Maulana Yusuf Al Maghribi yang berlokasi di Kawasan Bukit Tapak Kebun Raya Eka Karya Bali Desa Candikuning Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Ziarah ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tabanan AKBP Agus Tri Waluyo S.I.K., M.H. yang diikuti Kapolsek Baturiti Kompol I Negah Sudiarta, S.Sos. Perwira, Bintara Polres Tabanan, Banzer Ungasan, Banzer Tabanan , dan Banzer Baturiti dan tim Kesehatan dari Poliklinik Polres Tabanan dengan jumlah seluruhnya 68 orang, Minggu (23/02-2020).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari Program Satu Hari Bersama Bhabinkamtibmas yang saat ini dilaksanakan dengan melaksanakan bakti religi ziarah ke Makam Wali Pitu yaitu Habib Umar Bin Maulana Yusuf Al Maghribi.

Kegiatan diawali dengan pengecekan jumlah, kesiapan serta kondisi kesehatan masing-masing peserta ziarah berlokasi di seputaran Kawasan Pura Teratai Bang, Kebun Raya Eka Karya Bali, Baturiti, Tabanan. kemudian perjalanan dimulai pukul 09.20 wita dan seluruh rombongan tiba di Makam Wali Pitu Habib Umar Bin Maulana Yusuf Al Maghribi yang berada di puncak Bukit Tapak Kebun Raya Eka Karya Bali pada pukul 11.45 Wita.

Setibanya dipuncak Kapolres Tabanan bersama dengan rombongan ziarah lainnya melaksanakan istirahat sejenak sembari berbincang-bincang dengan juru kunci Makam terkait dengan sejarah makam Wali Pitu ini.

Seluruh rombongan khususnya yang beragama Islam melaksanakan Sholat Dzuhur berjemaah dipimpin oleh petugas Muazim atas nama Irsad dan selaku imam an . Ustad Abd. Muin. Yang kemudian dilanjutkan dengan Zdikir di Makam Wali Pitu Habib Umar Bin Maulana Yusuf Al Maghribi yang dipimpin oleh Ustad Abd. Muin.

Ada suatu yang unik dengan keberadaan Makam Wali Pitu Habib Umar Bin Maulana Yusuf Al Maghribi ini yang mana di areal tersebut juga terdapat Pura dengan batas-batas berupa pagar tanaman untuk menjaga kesuciannya dimana Pura tersebut disungsung oleh Warga Bukit Catu, Baturiti. Hal ini membuktikan toleransi antar umat beragama di tempat ini berjalan dengan sangat baik.

Kapolres Tabanan menyampaikan kegiatan Ziarah ini dilaksanakan sebagai bagian dari Program satu hari bersama Bhabinkamtibmas yang mana kali ini kita isi dengan kegiatan Ziarah ke Makam Wali Pitu Habib Umar Bin Maulana Yusuf Al Maghribi.

“Ziarah ini kami laksanakan sebagai wujud rasa syukur, rasa bakti dan ucapan terimakasih kepada para pendahulu sehingga apa yang ada saat ini dapat kita nikmati” Ujarnya.

“Kegiatan ini juga kita laksanakan dalam rangka mempromosikan obyek-obyek wisata yang ada di Kabupaten Tabanan dan saat ini kami mempromosikan Obyek Wisata Religi yang ada di daerah Baturiti” Imbuhnya.

“Disamping itu ziarah ini juga kami laksanakan dalam rangka memohon doa restu dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di Kabupaten Tabanan agar diberikan kelancaran dan situasi di Kabupaten Tabanan tetap aman dan kundusif serta kedepan kita akan mengamankan jalannya Pilkada Serentak tahun 2020 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tabanan agar di berikan kemudahan dan berjalan dengan sukses” Tegasnya.

Pada Pukul 14.15 wita rombongan ziarah Polres Tabanan kembali turun menuju parkir Kebun Raya dan tiba di areal Pura Teratai Bang pada pukul 15.30 wita.

Diharapkan dengan kegiatan Bakti Religi ini dapat meningkatkan rasa syukur, keimanan,ketaquan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan meningkatkan rasa solidaritas, rasa persatuan dan kesatuan yang berlandaskan kecintaan terhadap sesama serta rasa toleransi yang tinggi.@Red

Komentar

News Feed