Ketua Dekranasda Kabupaten Pringsewu Rusdiana Dewi Adi Erlansyah Jadi Nara Sumber pada Pelatihan Kelompok Wirausaha Muda Pemula 

  • Bagikan

PRINGSEWU – Ketua Dekranasda Kabupaten Pringsewu Rusdiana Dewi Adi Erlansyah menjadi nara sumber pada pelatihan Kelompok Wirausaha Muda Pemula (KWMP) Kabupaten Pringsewu tahun 2022.

Istri dari Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah memberi materi tentang teori dan motivasi dan kiat kewirausahaan bagi para pemuda.

Dia memberikan materi itu pada agenda pelatihan kelompok Wirausaha muda pemula yang digelar oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pringsewu bekerja sama dengan Dekranasda setempat. Berlangsung di Aula Radja Pindang, Tambahsari, kecamatan Gadingrejo kabupaten Pringsewu, Rabu (22/6/2022).

Kesempatan itu Rusdiana Dewi pada materi menuturkan, dengan mengikuti pelatihan sebelum memulai usaha, para pengusaha mempunyai pengetahuan yang cukup untuk menjalankan bisnis mereka sehingga mereka dapat bekerja secara optimal, tanpa harus meraba-raba terlebih dahulu langkah apa yang harus dilakukan dan dapat memaksimalkan waktu.

Menurutnya, melalui pelatihan akan menjadi bekal peserta dalam menjalankan usaha. Dengan harapan melalui pelatihan tersebut terbentuklah SDM yang unggul dan berkualitas dalam berwirausaha.

“Bahkan melalui pelatihan kewirausahaan dapat membentuk sikap dan tingkah laku dalam menjalin hubungan baik antar pengusaha, pengusaha dengan patner bisnis, pengusaha dengan karyawan, maupun pengusaha dengan konsumen,”ucap Ketua Dekranasda Kabupaten Pringsewu.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pringsewu Jahron menjelaskan, kegiatan pelatihan selama dua hari, Rabu dan Kamis (22-23/6/2022). Agenda di buka oleh Asisten Bidang Pemerintahan Purhadi.

Kepala Disporapar Pringsewu Jahron menjelaskan, pelatihan diikuti 40 peserta dari unsur Organisasi Kepemudaan (OKP), forum anak, perwakilan pekon dan kelompok pemuda.

“Untuk hari pertama berlangsung di Aula Radja Pindang, Tambahsari, Gadingrejo dan hari kedua di Sanggar Batik Kelurahan Pringsewu Barat milik Fitria Amin Bukhori (Pe’i) sebagai Owner Ramones Art.

Jahron menuturkan, jenis pelatihan dan materi meliputi ketrampilan printing manual (sablon) dengan metode penyampaian atau pemaparan secara teori tentang motivasi dan kiat kewirausahaan bagi para pemuda.”Berlanjut pada praktek ketrampilan manual printing,”jelasnya.

Menurutnya, tujuan kegiatan itu untuk memberikan fasilitas bagi peserta untuk mengembangkan minat, bakat dan potensi anak muda dalam kewirausahaan. Guna menciptakan lapangan pekerjaan, serta mendorong kesempatan dan peluang bagi calon wirausaha muda pemula dalam merintis jalan di lingkungan kehidupan sehari-hari.

Serta meningkatkan kualitas dan taraf hidup dibidang ekonomi bagi wirausaha muda pemula melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan. Meningkatkan ketrampilan dan kemampuan serta daya saing bagi pemuda.”Terpenting lagi dapat menciptakan para pemuda sebagi wirausaha muda yang mandiri, handal dan berkualitas,”imbuh Jahron.

Sebelumnya Asisten Bidang Pemerintahan Purhadi saat membuka kegiatan mengharapkan, kepada seluruh peserta yang mayoritas dari unsur pemuda agar bisa mengikuti kegiatan tersebut sampai selesai sehingga memperoleh pemahaman tentang arti kewirausahaan bagi muda pemula.

“Bahkan nantinya pengetahuan ilmu yang telah diperoleh, bisa dipraktekan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Juga ilmu itu dapat diitularkan ke para pemuda lainnya,”harap Purhadi. (pon)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.