oleh

KPM PKH Di Desa Karyasari Hanya Menerima Bantuan Sosial Beras (BSB) Sebanyak 30 Kg/KPM

PANDEGLANG – Sejumlah Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) di Desa Karyasari Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang, Banten mengaku hanya menerima Bantuan Sosial Beras (BSB) sebanyak 30 Kg/KPM untuk alokasi bulan Agustus, September, dan Oktober yang seharusnya Bantuan Sosial Beras (BSB) tersebut diterima Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) sebanyak 45 Kg/KPM yaitu alokasi Agustus dan September 30 Kg/KPM serta pada bulan Oktober sebanyak 15 Kg/KPM, Jum’at (20/11/2020).

Salah satu Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) yang ingin namanya disamarkan sebut saja “Bunga” kepada awak media mengatakan Bantuan Sosial Beras (BSB) di Desa Karyasari hanya disalurkan 30 Kg/Kepala Penerima Manfaat (KPM).

“Kami hanya menerima sebanyak 30 kilogram Bansos Beras selama 3 (tiga) bulan alokasi Agustus, September dan Oktober 2020,” kata Bunga sambil membuat surat pernyataan sebagai bukti tertulis.

Masih dikatakan Bunga, yang menerima sebanyak 30 kilogram bukan hanya dirinya tetapi masih banyak juga Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) yang lainnya, dan merekapun siap untuk membuat pernyataan.

“Yang siap memberikan keterangan secara tertulis juga banyak pa, dan mereka sama hanya mendapatkan 30 kilogram selama 3 (tiga) bulan,” papar Bunga salah satu dari sekian banyak Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) yang berani mewakili penerima lainnya.

Dari penelusuran dan hasil investigasi awak media dilapangan penyaluran Bantuan Sosial Beras (BSB) di Desa Karyasari tidak sesuai dengan Surat Edaran dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial, 4 September 2020, Nomor : 548 /5/BS.02.01/09/2020, Hal : Pelaksanaan Program Bantuan Sosial Beras yang ditunjukkan Kepala Dinas/Instansi Sosial Provinsi, Kepala Dinas/Instansi Sosial Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia.

Dalam isi surat yang ditunjukan kepada Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia nomor 503/BS 02.01/08/2020 tanggal 31 Agustus 2020 perihal Program Bantuan Sosial Beras (Jaring Pengaman Sosial COVID-19), dan telah dilaksanakannya launching Bansos beras oleh Menteri Sosial pada tanggal 2 September 2020, bersama ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Sasaran Bansos Beras adalah 10.000.000 KPM PKH dengan jumlah bantuan sebesar 15 kilogram/KPM/Bulan selama 3 (tiga) bulan alokasi Agustus, Oktober 2020 dengan sebaran sebagaimana data terlampir.

2. Penyaluran dilaksanakan mulai bulan Septembersebanyak 30 Kg/KPM yaitu alokasi Agustus dan September serta pada bulan Oktobersebanyak 15 Kg/KPM.

3. Perum BULOG bertanggungjawab menyediakan beras kualitas medium kemasan 15 Kg untuk KPM PKH di Gudang Layanan serta menyampaikan jadwal penyaluran,sedangkan transporter yaitu PT. Bhanda Ghara Reksa dan PT. Dosni Roha Logistik bertanggungjawab mengirimkan beras dimaksud hingga dapat diterima KPM PKH sesuai dengan pembagian wilayah penyaluran sebagaimana terlampir.

4. Sehubungan hal tersebut, agar kiranya Saudara mendukung dan membantu kelancaran pelaksanaan penyaluran Bantuan Sosial Beras di lapangan. Selanjutnya agar berkoordinasi dengan Perum Bulog dan pihak Transporter cabang setempatserta melakukan pengendalian dan pemantauan dengan melibatkan pilar-pilarsosial terutama pendamping PKH.

Untuk menggali informasi lebih lengkap mengenai tidak mengacu kepada Petunjuk Teknis penyaluran Program Bantuan Sosial Beras (Jaring Pengaman Sosial COVID-19), didesa Karyasari awak media terus melakukan investasi dan konfirmasi. @Tim

Komentar

News Feed