oleh

Kreatif, Pemuda di Bumi Arum di Pringsewu Manfaatkan Ban Bekas Jadi Pot Tanaman

PRINGSEWU – Tidak ada yang tak berguna di tangan orang-orang kreatif. Di Pekon Bumi Arum Kecamatan Pringsewu sejumlah pemuda memanfaatkan ban bekas untuk dibuat pot tanaman, kursi, kuda-kudaan, ayunan dan lainnya.

Kelompok pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Tunas Muda ini memanfaatkan ban bekas kendaraan roda empat dan di cat dengan aneka warna. Di tangan mereka, ban yang semula kusam berwarna hitam itu disulap menjadi berbagai barang cantik.

Ketua Karang Taruna Tunas Muda Aris Dermawan mengatakan pembuatan pot tanaman dan lainnya terbilang tak mudah. Karena, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. “Mulai pembersihan bahan, pemotongan, penyusunan, pengecatan, hingga pelukisan,” ujarnya, Senin (28/9).

Diakuinya, selain cukup menguntungkan, kerajinan ban bekas ini juga ikut membantu kelestarian lingkungan. Karena menurutnya, ban bekas akan menjadi sampah yang bisa terurai. Dan terkadang, ban bekas justru dibakar dan menimbulkan polusi.

Dengan kerajinan ini, ban bekas tak ada yang terbuang. Semua bagian ban bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis benda yang bermanfaat.

Dirinya menyebut, khusus pot tanaman sudah dipesan oleh sejumlah OPD di Pemkab Pringsewu. “Barang yang kami jual bervariasi, mulai dari 50 – 90 ribuan tergantung motif dan ukuran,” tutupnya.(pon)

Komentar

News Feed