Mantap!!! Kapolsek Ciwaru Bantu Bersihkan Matrial Bencana Alam di Desa Cilayung

  • Bagikan

 

KUNINGAN – Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda, S.I.K, didampingi Kasi Humas IPTU Sukarno, telah terjadi bencana alam berupa tanah longsor yang mengakibatkan TPT Rumah bagian belakang milik sodara Muhidin (68) tahun, warga Blok Sirtong Dusun Ciputat Rt 02 Rw 03 Desa Cilayung Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan.Ungkap Kapolres Dhany Aryanda.

 

Menurut Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda didampingi Kasi Humas IPTU Sukarno mengatakan, Melalui Kapolsek Cidahu IPTU Makmudin hari Rabu 22 Juni 2022. sekitar pukul 08:30 Wib, menerima adanya laporan dari warga binaanya bahwa adanya kejadian tanah longsor yang mengakibatkan  TPT (Tembok Pembatas Tebing) pada bagian belakang rumah milik sodara Muhidin (62) tahun, warga dusun Ciputat Blok Sirtong  Rt 02 Rw 03 Desa Cilayung Kecamatan Ciwaru Kabupaten,” ungkap AKBP Dhany Aryanda melalui Kasi Humas IPTU Sukarno kepada Awak Media.

 

Kapolres AKBP Dhany Aryanda mengatakan atas Kejadian tersebut di duga berawal dari adanya curah hujan yang cukup deras dari kemarin sore sampai menjelang malam, akibat kurang adanya resapan dan tidak adanya saluran air yang memadai sehingga menyebabkan tanah di sekitar menjadi terkikis dan telah menjebol red (rusak) bagian tembok Pembatas Tebing sampai berdampak longsor.Ujar Eks Kapolsek Gambir.

 

Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa melainkan kerugian materi kurang lebih Rp 10.000.000, – (Sepuluh Juta Rupiah). Kapolsek Cidahu IPTU Mahmudin beserta anggotanya dan Koramil Ciwaru, Perangkat Desa Cilayung, BPBD Kabupaten Kuningan langsung mendatangi tempat kejadian longsor tersebut. Ungkap AKBP Dhany Aryanda.

 

Setelah di TKP Kapolsek Cidahu IPTU Mahmudin beserta anggotanya bahu-membahu mengumpulkan bahan keterangan dan Membantu mengedukasi masyarakat Juga membantu membersihkan matrial tanah longsor bersama warga, perangkat desa dan warga desa Cilayung.

 

Dengan situasi cuaca yang tidak menentu diprediksikan akan terjadi tanah longsor susulan karena tidak menutup kemungkinan masih adanya intensitas hujan yang tinggi,” paparnya.

 

Tambah Kapolres AKBP Dhany Aryanda didampingi Kasi Humas IPTU, Perlu di antisipasi terjadinya tanah longsor susulan khususnya pada pemukiman warga yang berada di pinggiran sungai dan tebing tebing  dengan melakukan koordinasi dengan Instansi terkait baik Pemdes dan BPBD dengan himbauan  kepada warga untuk tetap waspada mencegah terjadinya korban jiwa dan kerugian materi,” Tutup Kasi Humas IPTU Sukarno kepada Wartawan.

 

Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda melalui Kasi Humas IPTU Sukarno, mengatakan bahwa dalam rangka pelaksanaan gotong royong membatu warga binaannya membersihkan material longsor di desa Cilayung kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan, Alhamdulillah berjalan dengan baik dan kondusif,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.